4 Kalimat Sederhana yang Bikin Kamu Disukai Bos

4 Kalimat Sederhana yang Bikin Kamu Disukai Bos
iStock

Percayalah, ketika bos sudah memiliki kesan pertama yang baik maka bisa membantu kelancaran karier di masa depan.

Komunikasi sangat mempengaruhi kesuksesanmu di tempat kerja. Ini penting terutama caramu berinteraksi dengan atasan. Ketika kamu ingin membuat kesan pertama yang baik di depan atasan karena baru pindah kerja coba bangun komunikasi sebaik mungkin. 

Pertimbangkan mengucapkan empat kalimat sederhana di bawah yang bisa membuat kamu disukai bos.

“Ini yang selalu saya kerjakan.”

img

Kamu digaji untuk mengerjakan hal yang diinginkan perusahaan. Ketika bidangnya sesuai maka kamu akan dengan mudah membuktikan kalau mereka tidak salah memilihmu terutama atasanmu. Mengetahui dengan tepat apa tanggung jawabmu akan membuatmu lebih efisien, efektif, dan kompeten dalam bekerja. 

Kemudian luangkan waktu untuk mempelajari berbagai aspek terkait bisnis. Dengan begitu, ketika ditanya bagaimana pekerjaanmu maka kamu bisa memberikan jawaban yang menunjukkan seberapa baik performamu.

“Aku mencoba mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang benar-benar tahu apa yang mereka lakukan dan memberikan kebebasan kepada mereka,” kata Oprah Winfrey.

“Saya ingin mencoba hal yang lebih menantang.”

img

Wah, bos akan senang ketika kamu meminta pekerjaan lebih dari permintaan perusahaan. Pengusaha sukses Elon Musk mencari calon pegawai yang memiliki keinginan untuk mengeksplorasi diri. Orang yang belajar dan penasaran bisa lebih inovatif. 

Carilah peluang yang memungkinkan kamu menjadi lebih baik dalam sisi pengetahuan dan bisa mempelajari keterampilan baru terkait tugasmu. Kalimat ini juga membuat bos tahu kalau kamu terbuka untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab sehingga mereka mungkin akan percaya denganmu dalam rangka melakukan tugas besar. 

“Saya punya solusi.”

img

Siapa yang tidak senang mendengar kalimat ini? Terutama saat perusahaan sedang mengalami masalah. Kalimat ini perlu diucapkan biar bos tahu kalau kamu lah yang memberikan solusi bukan orang lain yang mungkin hanya membolak-balikkan idemu.

Seperti wawancara kerja di Google saja, ada pertanyaan yang mengharuskanmu memecahkan masalah sulit. Sebagai seorang karyawan, bersiaplah untuk berbagi masalah, ketidakefisienan, dan solusi. Meski solusimu tidak berhasil setidaknya bos akan mengharfai dan mengingat kalau kamu pernah mencobanya. Bukan hanya karyawan yang diam saja seolah tak peduli.

“Kamu bisa percaya padaku.”

img

Katakanlah hal ini ketika bos memintamu melakukan sesuatu. Pria terkaya dunia Warren Buffet bahkan mencari tiga hal dalam merekrut karyawan; kecerdasan, inisiatif, dan integritas. 

“Jika mereka tidak memiliki yang terakhir, dua pertama akan membunuhmu karena jika kamu mendapatkan karyawan tanpa integritas, mereka biasanya malas dan bodoh,” kata Warren Buffet.

Sebelum mengucapkan empat kalimat tersebut, kamu perlu memikirkan apakah sekarang dalam posisi yang bisa berkomunikasi dengan kompeten, termotivasi, kreatif, serta dapat dipercaya? Kalau jawabannya tidak, periksa yang kamu lakukan dan nilai bagaimana caramu menyelaraskan upaya kerja saat ini dengan pesan yang disampaikan kepada atasanmu.

Selanjutnya: kamu perlu tahu, ini pekerjaan masa depan dengan gaji besar. Apa ya?

Loading Facebook Comment ...