4 Makanan yang Perlu Dihindari karena Pengaruhi Fungsi Otak

4 Makanan yang Perlu Dihindari karena Pengaruhi Fungsi Otak
ISTOCK

Otak ternyata bisa lapar dan butuh asupan juga lho. Apa saja yang otak kita butuhkan?

Pasti kamu pernah merasakan momen di mana otakmu terasa seperti berhenti bekerja? Atau keadaan di mana kamu tidak merespon apa yang dibicarakan temanmu dengan cepat? Mungkin hal itu terjadi karena otakmu lapar.

Kok bisa? Menurut studi yang dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences USA, otak membutuhkan lebih banyak energi dibanding organ tubuh yang lainnya. dan otak menyedot paling banyak energi yaitu 20% dari kebutuhan energi harian seluruh tubuh kita. Jadi jika ingin otakmu bekerja dengan baik, kamu harus memberika asupan yang sesuai dengan kebutuhan otakmu. 

Ketika makanan yang dikonsumsi kurang sehat karena bisa memengaruhi fungsi otak. Makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar tidak mengganggu kinerja otakmu sehingga 'kurang maksimal' dalam bekerja?

1. Hindari sarapan yang mengandung gula

img

Sarapan yang mengandung gula dan berkarbohidrat tinggi hanya akan membuat fungsi otakmu merosot. Sarapan dengan porsi empat sehat lima sempurna sangat dianjurkan. Banyak yang beranggapan jika melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan. Ternyata itu salah besar dan justru berpengaruh pada fungsi otak. 

2. Tidak semua smoothies sehat

img

Smoothies bowl memang belakangan ini sedang happening dan dibicarakan banyak orang karena dapat menurunkan berat badan. Namun ternyata faktanya tidak seperti itu. Masalahnya adalah sebagian besar smoothies ini sebenarnya sarat dengan kalori, karbohidrat, dan gula. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat yang rendah glikemik.

3. Konsumsi salad

HALAMAN
12