4 Minuman untuk Membersihkan Wajah dari Jerawat

4 Minuman untuk Membersihkan Wajah dari Jerawat
ISTOCK

Ini menurut sains.

Jerawat merupakan musuh besar banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk membasmi mahluk-mahluk kecil ini dari wajah kita, mulai dari laser sampai yang proses yang membuat kita menangis. Namun, selain melakukan itu semua, sebenarnya ada satu cara yang aman, mudah, dan dijamin tidak akan membuat air mata bercucuran: minum teh dan air hangat. 

MATCHA TEA

Minuman ini penuh dengan antioksidan, atau EGCGS, untuk membantu menyeimbangkan oksidasi sebum yang terjadi sebelum jerawat terbentuk. Mengonsumsi antioksidan juga menolong mengurangi tanda-tanda inflamasi dari dalam-luar, dan karena matcha memiliki 137 lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau biasa, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari setiap gelas matcha.

TEH KUNYIT

Curcumin, sebuah komponen yang terdapat di kunyit, dikenal sebagai anti inflamatori, antiviral, antioksidan, dan antifungal. Di Ayurveda, ini digunakan ntuk mengobati berbagai penyakit dalam dan luar. Sementara sekarang ini, kunyit dikenal sebagai bahan untuk membuat DIY masker di rumah, dan juga dengan menambahkan satu sendok teh ke dalam air panas untuk diminum sebagai teh dipercaya bisa menyembuhkan jerawat.

SPEARMINT TEA

Dari sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology pada tahun 2015, meminum dua gelas organic spearmint tea setiap hari mampu mengurangi peradangan luka jerawat sampai 25% setelah satu bulan dan 51% setelah tiga bulan—bahkan lebih efektif daripada resep yang biasanya diberikan dokter. Ketika dibandingkan dengan 100mg minocycline (resep dokter untuk mengobati jerawat secara oral) yang diminum satu kali sehari, setelah tiga bulan penggunaan, minocycline mengurangi luka jerawat sampai 52% tapi dengan kemungkinan menderita efek samping sampai dengan 20%. Sementara spearmint tea sama sekali tidak memiliki efek samping.

AIR HANGAT

Sebelum mengatakan, “Ya elah, air hangat,” harus kita tahu bahwa temperatur air yang kita minum juga berpengaruh. Air hangat memiliki lebih banyak keuntungan: membantu mendetoksifikasi kulit dan melancarkan pencernaan, sementara air dingin sebenarnya bisa mengeraskan minyak di dalam makanan yang kita konsumsi dan menciptakan deposit lemak di dalam usus. Dan tahukah kamu bahwa menambahkan es ke dalam air akan menghilangkan mineral-mineral penting di dalamnya yang penting untuk kesehatan pencernaan? Juga ketika minum air dingin, tubuh memusatkan energinya untuk meregulasi temperatur badan, bukan mencerna makanan dan menyerap nutrisi, yang bisa menyebabkan kita kehilangan air (dan hidrasi merupakan kunci penting untuk kulit sehat). Oleh karena itu, pagi hari, sebelum mulai beraktivitas, minum segelas air  untuk memulai proses detoksifikasi.