4 Tes yang Bisa Mengungkap Kesehatanmu Sebenarnya

4 Tes yang Bisa Mengungkap Kesehatanmu Sebenarnya
iStock

Apakah kamu benar-benar sehat atau hanya merasa sehat? Coba ikut empat tes ini untuk tahu jawabannya.

Banyak perempuan yang hanya merasa sehat tapi sebenarnya tidak benar-benar sehat. Namun mereka sering mengabaikan hal tersebut. Padahal menjaga kesehatan itu penting dan kita tahu itu.

Bagaimana kita tahu kalau sekarang benar-benar dalam kondisi sehat? Lakukanlah empat tes di bawah.

  • Berdiri dengan satu kaki

img

Ini mungkin terdengar aneh tapi jika kamu dapat menyeimbangkan diri dengan satu kaki, itu berarti kamu memiliki otak yang sehat. Atur waktu dan lihat apakah kamu dapat menyeimbangkan seluruh berat tubuhmu dengan satu kaki selama 60 detik?

Bila kamu jatuh tepat setelah 20 detik, itu tandanya berisiko mengalami masalah terkait otak. Sesuai dengan studi di Jepang, 30% orang dewasa berusia paruh baya tidak dapat bertahan pada posisi ini untuk periode waktu tersebut dan diketahui memiliki pendarahan di otak. Pendarahan mikro ini sebenarnya menunjukkan perkembangan masalah terkait otak yang lebih besar di masa depan. Microbleeding memiliki efek langsung pada keseimbangan.

  • Tes kursi

img

Duduk di kursi lalu berdiri. Lakukan ini 10 kali berulang kali dan lihat berapa banyak waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikannya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, orang dewasa yang mampu melakukan aktivitas ini 10 kali dalam 21 detik atau kurang akan memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi. Hal ini dibandingkan dengan orang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

Demi bisa melakukan tes kursi selama 10 kali dalam kurang dari 21 detik, kamu harus memiliki kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi tubuh bagian bawah yang baik. Tidak lupa pengaturan pernapasan juga penting.

  • Sentuh jari kakimu

img

Duduklah di lantai, pastikan kaki lurus menyentuh bawah. Coba sentuh jari kakimu. Jika kamu gagal melakukan tes ini, itu berarti kamu berisiko terkena masalah kardiovaskular. Para peneliti di University of North Texas menemukan bahwa tubuh yang fleksibel dapat menunjukkan arteri fleksibel. Ketika arterimu kaku karena kebiasaan gaya hidup atau ketidakaktifanmu maka jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang menempatkanmu pada risiko penyakit jantung.

  • Naik tangga dengan cepat

img

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Rumah Sakit Universitas Coruña di Galicia, jika kamu dapat berjalan empat tangga tanpa jeda maka kamu dapat menghindari kematian dini. Studi menunjukkan bahwa individu yang sehat akan dapat menyelesaikan tes ini dalam satu menit tanpa jeda. Orang yang berjuang untuk menaiki empat tangga saja tiga kali lebih pendek usianya karena masalah jantung dan dua kali berisiko meninggal akibat kanker.

Selanjutnya: kamu tidak nyaman dengan pekerjaan sekarang? Hati-hati bisa berdampak pada kesehatanmu lho. Simak artikel selengkapnya di sini.