Warna Area Vagina Menghitam? Gak Perlu Panik, Berikut Penyebabnya!

5 Alasan Area Vagina Gelap
Penyebab Gelapnya Area Vagina

Area vagina yang gelap merupakan hal yang wajar untuk dimiliki. Namun tahukah kamu penyebabnya? Berikut adalah penjelasannya!

Vagina merupakan sebuah alat vital yang dimiliki oleh perempuan yang berguna sebagai saluran pembuangan air pipis sekaligus bagian tubuh yang menjadi alat reproduksi wanita. Vagina sendiri memiliki fungsi untuk membuat anak yang diketahui melalui proses masuknya sperma ke rahim serta pembuangan darah kotor pada tubuh melalui menstruasi.

Jika kamu membersihkan area vagina, mungkin kamu merasa warna di sekitaran vagina jauh lebih gelap dibandingkan bagian tubuh lainnya. Namun, kamu nggak perlu panik jika area vagina kamu terlihat jauh lebih gelap dibandingkan area tubuh lainnya.

Penggelapan pada area vagina nyatanya merupakan hal yang normal dialami untuk sebagian besar wanita. Meskipun demikian, pastinya kamu bingung mengapa warna area vagina kamu terlihat lebih gelap dari biasanya.

Nah, untuk itu, berikut adalah 5 alasan mengapa area vagina kamu menggelap.

Penyebab Menggelapnya Area Vagina

1. Perubahan Hormon

Hormon
Hormon

Hormon merupakan sebuah kelenjar yang tersebar di seluruh bagian tubuh. Perubahan hormon biasanya terjadi di dalam tubuh kita dengan sejumlah tahapan dalam hidup, salah satunya dalam tahap pubertas.

Pada masa pubertas, estrogen yang merupakan hormon seks perempuan biasanya meningkat di tubuh, dan hal tersebut kabarnya memicu penggelapan pada area vagina.

2. Infeksi Pada Area Vagina

Infeksi
Infeksi

Kamu sering merasa gatal di bagian area vagina? Jika iya, maka kamu perlu berikan perhatian khusus terhadap gatal tersebut. Kamu harus bisa membedakan mana yang merupakan gatal biasa dan mana yang merupakan gatal yang diakibatkan oleh jamur.

Apabila gatal tersebut disebabkan oleh jamur, biasanya rasa gatal pada area vagina akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun demikian, bekas jamurnya akan meninggalkan permukaan yang gelap pada kulit area tersebut.

Baca juga: Ini 5 Bentuk Vagina Normal Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Keseringan Mencukur

Keseringan Mencukur
Keseringan Mencukur

Mencukur bulu pada kulit dengan waktu yang terlalu sering tentu akan membuahkan kulit yang gelap, seperti salah satunya ketika kamu terlalu sering untuk mencukup bulu ketiak.

Nggak hanya area ketiak, hal tersebut pun akan terjadi ketika kamu keseringan mencukur bulu kemaluan.

Mencukur bulu dengan sedikit lebih jarang nampaknya dapat menjadi pencegah kegelapan pada area vagina maupun ketiak. Jika bulu-bulu kemaluan mengganggu, kamu bisa lakukan laser hair removal atau waxing yang tidak akan meninggalkan bekas kegelapan dari iritasi pisau cukur.

4. Penuaan

Penuaan
Penuaan

Penuaan merupakan hal yang wajar dan normal sebagai salah satu penyebab dari menggelapnya area intim. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan hormon pada tubuh yang cepat yang terjadi ketika kamu semakin tua.

Nggak cuman bikin area intim kamu menggelap, penuaan juga akan membuahkan tekstur serta tingkat elastisitas pada area vagina.

Baca juga: Transplantasi Cairan Vagina Jadi Solusi Baru Dunia Kesehatan

5. Kelembapan

Kelembapan
Kelembapan

Tubuh biasanya memproduksi keringat di tiap bagian tubuhnya, termasuk area vagina. Air keringat dapat mempengaruhi kegelapan pada kulit lantaran air keringat yang kotor yang keluar saat berkeringat. Jika kamu sering berkeringat, sangat dianjurkan untuk kamu membersihkan serta mengeringkan dengan handuk pada area vagina mu untuk menghindari penghitaman.

Selain keringat, area vagina ini pun butuh udara yang segar. Kita tahu bahwa area vagina ditutupi oleh selembar kain di hampir sepanjang hari. Untuk itu, kamu bisa gunakan dalaman yang tipis untuk membiarkan udara segar masuk ke area vagina.

Selanjutnya: