5 Cara Agar Semangat Kerja Selama Puasa

5 Cara Agar Semangat Kerja Selama Puasa
ISTOCK
5 Cara Agar Semangat Kerja Selama Puasa

Tidak bersemangat kerja saat puasa? Woop punya tips untuk mengembalikan semangatmu. Siapa di sini yang irit energi saat puasa?

Pada saat puasa tubuh kita memang kehilangan banyak cairan yang menyebabkan kita lemas. Kebanyakan energi kita habis untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor. Lalu saat kita sudah merasa lelah terkadang akan berdampak buruk terhadap pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Menurut UK Royal College Of Psychiatrists, diperkirakan bahwa 1 dari 5 orang merasa sangat lelah dan 1 dari 10 mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Kekhawatiran bertambah karena kelelahan sekarang diakui sebagai bahaya di tempat kerja karena dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan.

Lalu bagaimana cara agar energi tetap terjaga saat kita bekerja? Woop sudah memiliki beberapa tips untukmu.

1. Makan-makanan yang bernutrisi

img

Saat sahur dan berbuka puasa, kamu harus mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi seimbang. Kebanyakan orang mengeluh lesu sehabis makan karena yang dikonsumsi tidak seimbang, penuh dengan karbohidrat, tepung, dan makanan olahan. Jadi sebaiknya kamu pilih makanan dengan benar ya...

2. Minum air putih

img

Menurut Harvard Health, kelelahan adalah salah satu tanda pertama kekurangan air. Setiap hari manusia dituntut untuk mengonsumsi delapan gelas air putih per hari. Bagaimana saat berpuasa? Kamu bisa menggunakan metode 2+4+2, dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka puasa, dan dua gelas lagi saat mau tidur.

3. Berlatih pernapasan

img

Andrew Weil, seorang pemimpin kedokteran integratif menemukan studi bahwa latihan pernapasan dalam yang teratur dapat meningkatkan energi. Jika kamu merasa lelah, cobalah mengambil 10 napas dalam-dalam dari diafragma dan rasakan energi yang kembali ke dalam tubuhmu.

4. Meditasi

img

Setiap hari kamu berpotensi mengalami stres karena pekerjaan. So, penting untukmu memasukan kegiatan mindfulness untuk membantu menghilangkan stres tersebut. Salah satunya adalah dengan cara meditasi yang telah terbukti secara ilmiah dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan terbukti meningkatkan engergi kita.

5. Refreshing

img

Menghabiskan waktu dengan alam selama 20 menit setiap hari terbukti meningkatkan energi dan vitalitas. Menurut sebuah studi 2010 di Rochester menyimpulkan bahwa alam adalah bahan bakar bagi jiwa. Alam juga membantu orang untuk membangun ketahanan terhadap penyakit fisik. Studi ini juga mencatat bahwa bahkan pengalaman di luar ruangan membantu meningkatkan perasaan bahagia. 

Jadi tidak ada alasan untukmu lemas saat berpuasa yaa...

Selanjutnya: Stop tanya pertanyaan ini! Karena bisa menyulitkan hidupmu.