5 Cara Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Batu

5 Cara Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Batu
Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Kondisi berjerawat terasa sangat menyiksa. Tetapi tidak perlu khawatir, dengan sederet bahan alami ini, dijamin jerawat batu bisa hilang!

Rasanya stres jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat.

Kondisi berjerawat ini sungguh terasa sangat menyiksa dan membuat wajah jadi tidak sedap dipandang, yang pastinya membuat kamu akan merasa minder alias insecure. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah kamu tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Terkadang, bakteri ikut terjebak di dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Jerawat batu terdapat pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu.   Tetapi sekarang tidak perlu khawatir lagi, dengan sederet bahan alami ini, dijamin jerawat membandel bisa hilang. Berikut adalah tips dan cara menghilangkan jerawat batu.  

Cara Alami Hilangkan Jerawat Batu

1. Kentang

Kentang
Kentang

Kandungan alkali dalam kentang mampu menyingkirkan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. kamu bisa menerapkannya dengan membuat jus kentang. Oleskan pada kulit berjerawat, setelah itu biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Selain dibuat jus, Irislah kentang mentah hingga setengah bagian lalu gosoklah kulit yang berjerawat dengan potongan kentang tadi. Selain dipotong, kamu juga bisa menerapkannya dengan membuat jus kentang. Oleskan pada kulit berjerawat, setelah itu biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Cuka sari apel

Cuka Apel
Cuka Apel

Cuka sari apel ternyata dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu. Kandungan asam di dalamnya dipercaya memiliki efek antibakteri dan bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Campurkan terlebih dahulu dengan air dengan volume yang lebih banyak dari cuka sari apel. Hindari juga penggunaan cuka sari apel pada area kulit yang sensitif dan pada luka terbuka.

3. Tomat

Tomat
Tomat

Kandungan vitamin E dari tomat cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, bahkan mengatasi peradangan akibat jerawat batu. Sediakan satu buah tomat segar, kemudian belah menjadi dua, satu bagian oleskan di pipi kiri dan satunya pipi kanan.  Setelah sudah kering sekitar 30 menit, bilas dengan air hangat.

Baca juga: 8 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

 

4. Kompres dengan Es Batu

Es Batu
Es Batu

Jerawat batu berakar sangat dalam di bawah kulit sehingga kadang kita bisa merasakan ketika jerawat ini tumbuh. Ketika mulai terasa ada jerawat yang tumbuh, jangan panik. Ambil es batu dan kompres langsung ke area yang terasa akan ditumbuhi jerawat selama beberapa detik. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat yang mungkin muncul.

5. Putih Telur

Putih Telur
Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Caranya siapkan telur, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka kamu dengan air hangat.  

Selanjutnya: Uniknya dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini selain bisa dipakai di wajah, bisa dipakai juga dipakai sebagai sabun badan.