Banner

5 Cara Atasi Nyeri Punggung yang Sering Dirasakan Ibu Hamil

5 Cara Atasi Nyeri Punggung yang Sering Dirasakan Ibu Hamil
ISTOCK

Nyeri punggung sering dirasakan oleh para ibu hamil. Untuk mengatasinya, Woop akan memberitahukan cara mengatasinya kepada kamu. 

Apakah kamu sedang hamil? Sering merasakan nyeri punggung? Jika jawabanmu iya, tidak perlu khawatir karena itu adalah hal yang wajar dan keluhan umum yang dialami oleh ibu hamil. Akibat dari berat badan yang bertambah, pusat gravitasi dan hormon merilekskan ligamen pada sendi panggul juga berubah. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan meredakan sakit punggung selama masa kehamilan. Perhatikan lima cara yang bisa kamu ikuti agar nyeri punggung hilang. 

Bersandar

Bayi yang berada di dalam perutmu akan terus tumbuh, pusat gravitasi tubuhmu juga akan bergeser ke depan. Untuk menghindari ketidakseimbangan tubuh, kamu bisa mengimbanginya dengan bersandar. Tujuannya adalah untuk meregangkan otot-otot di punggung bagian bawah selama masa kehamilan. Postur yang baik juga berarti duduk dengan hati-hati. Pilih kursi yang bisa menopang punggung, dan letakkan bantal kecil di belakang punggung.

Memilih Sepatu yang Tepat

Yep, alas kaki menjadi hal terpenting untuk ibu hamil. Memilih sepatu yang tepat akan membuatmu nyaman. Pilihlah sepatu hak rendah, bukan flat. Hindari sepatu hak tinggi, yang selanjutnya dapat membuat keseimbang tidak rata.

Angkat dengan benar

Saat mengangkat benda kecil, jongkok ke bawah dan angkat dengan kaki kamu. Jangan membungkuk di pinggang atau mengangkat dengan punggung. Penting juga untuk mengetahui batasan yang tidak boleh kamu lakukan. Minta bantuan jika memang membutuhkannya.

Perhatikan Posisi Tidur

Tidurlah dengan benar, bukan di punggungmu. Biarkan satu atau kedua lutut ditekuk. Pertimbangkan untuk menggunakan bantal penopang di antara kedua lutut-mu yang tertekuk, di bawah perut, dan di belakang punggung.

Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian

Maksudnya? Ya, aktivitas fisik yang teratur dapat menjaga punggung kamu menjadi kuat dan juga bisa meredakan sakit punggung selama kehamilan. Cobalah aktivitas yang lembut seperti berjalan atau berolahraga air.

Selanjutnya: hamil memang menyenangkan. Namun para ibu hamil juga perlu hati-hati memilih makanan. Dengarkan nasihat dari dokter gizi ini.