Banner

5 Cara Mengatasi Rambut yang Rusak

5 Cara Mengatasi Rambut yang Rusak
cara mengatasi rambut rusak

Rambut yang rusak pastinya mengganggu penampilan. Woop punya cara untuk membantu memperbaikinya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut kita menjadi rusak. Dimulai dari sinar UV matahari, cara yang salah dalam mengeringkan rambut menggunakan handuk, produk styling rambut yang mengandung bahan tertentu, proses pewarnaan rambut, hingga panas dari alat styling rambut yang menghantarkan panas, semua berpotensi merusak kondisi rambut kita. Saya sendiri sudah pernah mengalami rambut rusak karena proses bleaching. Rambut yang rusak akan menjadi kering, terlihat kusam, pecah-pecah dan kemungkinan besar ujungnya banyak yang bercabang. Kalau ini terjadi pada rambut kita, kita harus cepat-cepat merawatnya. Lakukan hal-hal berikut ini supaya rambut tidak semakin parah kerusakannya dan untuk mencegah terjadinya kerusakan untuk rambut yang kondisinya masih sehat.

1. Pilihlah shampo yang tidak mengandung alkohol, sulfat dan silikon. Ketiga bahan tersebut akan terus membuat rambut menjadi kering. Dan ketika keramas, cukup aplikasikan shampo pada kulit kepala dan akar rambut saja. Karena, bagian tersebut yang biasanya berminyak, sedangkan ujung rambut biasanya kering.

2. Setiap keramas, jangan lupa menggunakan kondisioner pada pangkal hingga ujung rambut saja. Kondisioner akan membantu melembabkan rambut.

3. Sebenarnya, kita tidak perlu mencuci rambut menggunakan shampo setiap hari, hanya 2-3 kali setiap minggunya. Tapi, selalu gunakan kondisioner setiap kita mencuci rambut.

4. Kalau kalian sering menggunakan alat styling yang menghantarkan panas, kurangi efek kerusakan rambut yang dapat ditimbulkan dengan menggunakan produk yang dapat melindungi rambut dari panas atau heat protectant.

5. Hindari mengeringkan rambut kalian dengan cara menggosokkan handuk pada rambut, karena serat pada handuk dapat merusak rambutmu. Lebih baik angin-anginkan saja rambut hingga kering, atau jika terburu-buru kalian dapat menggunakan blow dryer.

6. Ketika rambut dalam kondisi basah, hindari menyisirnya menggunakan sisir bergigi rapat atau sisir sikat. Lebih baik gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi gesekan sisir pada helai rambut.

7. Potonglah rambut secara rutin di salon setiap 3 bulan. Jangan potong rambutmu sendiri menggunakan sembarang gunting, karena gunting yang digunakan untuk memotong rambut harus merupakan gunting khusus potong rambut yang benar-benar tajam. Gunting yang tumpul hanya akan membuat ujung rambutmu menjadi bercabang. Itu adalah hal terakhir yang kita inginkan!

8. Jika ada waktu dan budget lebih, lakukan usaha ekstra dalam merawat rambut dengan menggunakan hair mask setelah penggunaan kondisioner, mengaplikasikan hair oil pada rambut secara rutinatau melakukan perawatan rambut di salon.