Banner

5 Cara Mudah Rawat Tubuh dengan Bahan Alami di Rumah

5 Cara Mudah Rawat Tubuh dengan Bahan Alami di Rumah
ISTIMEWA

Akhir pekan saatnya untuk merawat diri! Yep, hapus lingkaran hitam di bawah mata, kulit kering bersisik, merawat rambut yang kering dan berbagai masalah lainnya hanya dengan bahan-bahan alami dari dapurmu! Yuk, coba!

Salah satu hal selalu diinginkan oleh para perempuan adalah tampil sempurna tanpa ada masalah kecantikan yang menghambatnya. Tentunya, kita bisa merawat dan mempercantik diri cukup di rumah saja, tidak harus mengunjungi salon. Tanpa disadari, dapur rumah atau halaman rumah ternyata bisa menjadi tempat yang sempurna untuk dikunjungi saat ingin memanjakan diri.

Teh dan Aloe Vera/ Sari Lidah Buaya: memperhalus pori-pori

img

Punya pori-pori yang tersumbat di wajah? Untuk mengangkat kulit mati yang menyumbat pori-pori, gunakan face toner ini dua kali seminggu sebelum tidur. Larutan teh kaya akan seng dan alpha hydroxy acid, yang membantu melarutkan lapisan atas sel-sel kulit mati, dan sari lidah buaya mengembalikan kelembapan pada kulit. Seduh secangkir teh dan diamkan selama 20 menit, dan pindahkan ke kulkas supaya mendingin. Tuang sari lidah buaya dan sedikit air mawar ke dalam botol, campur dengan teh dingin dan kocok supaya bercampur. Aplikasikan pada wajah dengan kapas. Tonik ini dapat disimpan dalam suhu ruang, dan akan bertahan hingga kurang lebih satu bulan.

Pisang dan Madu untuk Memerangi: untuk rambut kering

img

Cuaca yang silih berganti, rutinitas blow-dry, beragam produk hair styling dan kelembapan udara rendah membuat rambut lebih rentan terhadap resiko kekeringan. Untuk merawat rambut keringmu, kamu bisa meningkatkan hidrasi rambut dengan masker yang terbuat dari pisang dan madu, yang sangat baik untuk mengembalikan kelembaban pada rambut. Plus, cuka apel (apple cider vinegar) untuk menghilangkan penumpukan minyak berlebih untuk rambut yang bersinar.

Lemon: untuk menghilangkan kulit kering

img

Tidak ada yang pernah meragukan lemon. When life gives you lemons, feed them to your skin! Kandungan lemon berguna untuk melembutkan kulit kering, dan asam sitrat dalam buah ini menghilangkan sel-sel kulit mati untuk memunculkan kulit yang lebih lembut. Iris lemon menjadi dua dan gosokkan di siku, tumit, lutut dan bagian tubuh lain yang memiliki kulit kering selama beberapa detik, lalu bilas.

Kopi: untuk menghilangkan selulit

img

Suka minum kopi? Woop hanya ingin bilang: jangan membuang sisa ampas kopi pagimu – gunakan saja! Exfoliating scrub dari biji kopi akan membuat kulit halus dan meminimalisir selulit, karena kopi yang kaya kafein akan menarik air dari sel-sel lemak dan membuatnya menyusut sehingga kurang terlihat. Caranya dengan mencampur ampas bubuk kopi dan minyak zaitun sampai menjadi pasta kental, kemudian oleskan yang banyak ke setiap daerah rawan selulit. Pijat ringan selama 2 menit, lalu bilas.

Peterseli: untuk mencerahkan lingkaran gelap

img

Lingkaran di bawah mata memang menjengkelkan. Untuk menghalau lingkaran gelap tersebut kamu bisa menggunakan peterseli. Daun hijau ini biasanya digunakan sebagai campuran rempah, penyedap untuk sup dan makanan-makanan lainnya. Peterseli ini kaya akan vitamin K dan nutrisi yang bila diterapkan secara regular akan mengurangi aliran darah ke daerah bawah mata yang merupakan faktor kunci dalam pembentukan lingkaran hitam. Untuk mengurangi lingkaran tersebut, kamu bisa membuat membuat masker mata dari peterseli dan yoghurt. Campur beberapa lembar peterseli dan yoghurt (yang memiliki efek menyegarkan pada kulit) ke dalam food processor dan aduk sampai terbentuk pasta halus. Oleskan campuran tersebut ke bagian bawah mata dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Selanjutnya: kamu merasa bahwa hidupmu datar? Cobalah untuk membahagiakan dirimu sendiri dengan 11 cara ini