5 Cara Penting Untuk Merawat Kesehatan Telinga

5 Cara Penting Untuk Merawat Kesehatan Telinga
Cara Merawat Telinga

Kamu suka mendengarkan musik dengan volume tinggi? hal tersebut ternyata bisa membahayakan pendengaran kamu, lho!

Salah satu indera yang sangat penting perannya untuk kehidupan manusia adalah telinga. Karena tanpa adanya telinga maka secara otomatis dapat menyebabkan seseorang menjadi bisu dikarenakan tidak adanya suara yang ditangkap ataupun juga didengar.

Perlu diketahui bahwa telinga memiliki berbagai macam jenis bagian dan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan di teruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak, sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut.

Telinga juga seperti sama halnya dengan indera yang lain, sangat penting untuk di jaga kesehatannya, untuk menjaga kesehatan telinga ternyata sangat mudah apabila dilakukan secara teratur.

Berikut tips-tips penting dari Woop untuk merawat kesehatan telinga dan pendengaran kamu!

Cara Merawat Kesehatan Telinga

1. Lindungi telinga kamu dari suara keras

Lindungi telinga kamu dari suara keras
Lindungi telinga kamu dari suara keras

Fungsi telinga adalah untuk mendengar. Namun, telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga. Terlalu sering mendengan suara keras, dapat membuat kemampuan mendengar kamu berkurang. Sebaiknya gunakan earplugs atau penyumbat telinga untuk mengurangi suara-suara bising seperti di konser, club dan lain-lain. Kamu bisa membeli satu pasang di audio store atau toko online.

2. Jangan mengorek kotoran telinga pakai cotton bud

Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotori telinga. Hal tersebut mengakibatkan kotoran akan semakin masuk ke dalam telinga. Telinga memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Gendang telinga sangat mudah diraih oleh cotton bud. Karena gendang telinga sangat rapuh, organ penting dalam telinga ini akan dengan mudah pecah bahkan saat menerima tekanan yang lembut sekalipun dari dorongan cotton bud.

Baca juga: Ternyata 4 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Sering-sering Dibersihkan

3. Jaga telinga agar tetap kering

Telinga yang selalu basah atau kelembaban telinga yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga. Oleh karena itu, pastikan telinga kamu selalu kering. Jika kamu hobi berenang, ada baiknya menggunakan penyumbat telinga untuk renang agar mencegah air masuk ke dalam telinga.

4. Tidak perlu bersih

Tidak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga, seperti lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga.

Jika kamu ingin membersihkan telinga, lakukan saja perawatan telinga seminggu sekali. Membilasnya dengan air bersih saat mandi sudah cukup. Kalau terlalu sering justru membuat telinga menjadi kering, iritasi dan gatal.  

5. Bijak menggunakan earphone atau headphone

Bijak menggunakan earphone atau headphone
Bijak menggunakan earphone atau headphone

Terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone atau headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu. Sebaiknya, gunakan maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selam 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone atau headphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya.   Nah, itu dia cara merawat telinga dengan cara praktis dan tepat versi Woop. Selamat mencoba!    

Selanjutnya: Ternyata jerawat yang mengganggu dapat dihilangkan hanya dalam sehari dengan menggunakan beberapa metode ini!  

Loading Facebook Comment ...