5 Kesalahan dalam Rutinitas Kecantikanmu

5 Kesalahan dalam Rutinitas Kecantikanmu
WOOP.ID

Kemungkinan besar kita melakukan nomor 5.

Maafkan membawa kabar kurang menyenangkan, tapi bisa jadi segala rutinitas perawatan kulit yang kamu lakukan selama ini masih kurang. (Sorry). Namun, bisa dimengerti mengapa kamu bisa-bisanya melewati lima bagian tubuh ini, karena memang tidak mencolok, posisinya di sudut, dan kadang-kadang berpikir "ah, nggak dilihat orang lain juga". Well, di situ kekeliruannya. Masalahnya, kerusakan yang terjadi di area tersebut bisa mengindikasikan hal yang mungkin selama ini kamu tutup-tutupi, misalnya ehem... usia. 

#1. TELINGA

Sebelum mengklaim diri sebagai "orang yang paling rajin memakai krim tabir surya", coba dengarkan ini: telinga merupakan lokasi ketiga tersering untuk basal cell carcinomas (merupakan jenis paling umum kanker kulit). Menurut The Skin Cancer Foundation, kurang dari 33% orang mengaplikasikan tabir surya ke telinga. Jadi, jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan (atau sering menguncir rambut), pastikan untuk mengoleskan SPF di balik daun telinga. 

#2. LEHER DAN DECOLLETAGE 

Selain wajah, dua bagian utama yang membocorkan usia adalah tangan dan leher. Kulit di leher sama halusnya dan bahkan lebih tipis dibandingkan kulit wajah, sehingga sinar matahari, kulit kendur, dan garis-garis halus serta kerutan muncul pertama kali di sini. Seperti yang kita tahu, daerah ini seringkali terlupakan ketika melakukan perawatan kulit dan mengoleskan tabir surya. Jadi, mulai sekarang rawat leher seperti wajahmu. Dan yang tidak kalah pentingnya, gunakan retinol paling tidak dua-tiga kali seminggu untuk mendorong pergantian sel. 

#3. KUKU DAN KUTIKULA

Coba perhatikan kukumu detik ini juga, bagaimana kondisinya? Jika jawabannya adalah: "Eh, hmm... anu, kayaknya, hmm... agak pecah-pecah, dan kukunya patah-patah", ini sinyal merah. Dan jika biasanya jawabanmu untuk masalah jenis ini adalah melakukan menikur, hmm... sebenarnya kurang tepat. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memanjakan diri dengan menikur regular akan lebih cenderung mengalami kulit dan kuku kering, berkat bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam produk menikur. Belum lagi, jika dilakukan dengan metode kasar. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memastikan kuku dan kutikula lembab untuk menghindari kerusakan. Dan ingat, melembabkan tangan tidak sama dengan melembabkan kuku dan kutikula, karena biasanya lebih mudah kering dan membutuhkan konsistensinya yang lebih kental atau berminyak untuk tetap terhidrasi. 

#4. TANGAN

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tangan merupakan cerminan usia. Oleh karena mereka terpapar banyak elemen terus-menerus (termasuk matahari) dan selalu dicuci dan dikeringkan, yang membuatnya terdehidrasi, tangan menua lebih cepat dibandingkan bagian tubuh lain. Jadi, lembabkan dan lindungi tangan dari sinar matahari dengan menggunakan SPF 30 atau lebih setiap pagi. Dan jika kamu adalah menghabiskan banyak waktu menyetir, tidak ada salahnya memakai sarung tangan. 

#5. SIKU DAN LUTUT