Inilah 5 Makanan yang Ternyata Bisa Ganggu Waktu Tidurmu

Inilah 5 Makanan yang Ternyata Bisa Ganggu Waktu Tidurmu
ISTOCK

Woop hanya ingin bilang: jangan konsumsi lima jenis makanan ini jika tidak mau tidur kamu terganggu. 

WOOP.ID - Banyak orang yang melarang untuk mengonsumsi makanan saat malam hari. Lebih tepatnya 3 jam sebelum kita tidur. Karena katanya bisa membuat tubuh gemuk dengan mudahnya.

Tapi apakah itu benar? Yep, selain karena gemuk, ada beberapa makanan yang memang bisa membuat perut kembung sehingga membuat tidur menjadi tidak nyaman seperti makan berminyak, pedas dan manis.

Namun, ada beberapa pilihan makanan yang tanpa disadari tidak bisa membuat tidur malam kamu nyenyak.

Makanan yang Bisa Membuat Kamu Susah Tidur

1. Keju

img

Bukannya keju bisa membuat gemuk dan tidak bisa tidur jika dikonsumsi malam hari? Yep, benar.

Tapi itu jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Seorang ahli gizi, Maggie Moon, MS, RD, mengatakan: “keju yang mengandung lemak jenuh (cheddar dan parmesan) menjadi tantangan untuk dicerna, terutama ketika kamu sedang tidur.

Karena akan terjadi refluks asam yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan terbakar di dada.” Jika kamu memang benar-benar ingin mengonsumsi keju, pastikan kamu memakannya 6 jam sebelum tidur.

Kamu juga bisa mengganti keju dengan segelas susu hangat, yang bisa membantu kamu mendapatkan tidur nyenyak.

2. Dark Chocolate

img

Meskipun cokelat bisa menghilangkan stres, tapi mengonsumsinya cokelat saat ingin tidur menjadi ancaman untukmu. Karena dark chocolate ternyata mengandung kafein yang bisa membuatmu tidak bisa tidur.

Satu atau dua persegi dark chocolate memiliki sekitar seperempat dari kafein.

Baca: Hal-hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui Mengenai Tidur Malam

“Ingatlah bahwa sebagian dari kita adalah pemetabolisme kafein yang cepat secara genetis, dan yang lain adalah pemetabolisme yang lambat — yang berarti kafein lebih lama berada di dalam tubuh dan memiliki lebih banyak efek samping,” kata Maggie Moon, MS, RD.

Secara umum dibutuhkan 6 hingga 10 jam untuk menghilangkan kafein, sehingga itu berarti menikmati suguhan dark chocolate paling lambat dari jam 4 sore sampai jam 10 malam.

3. Hamburger 

img

Daging sapi adalah sumber protein dan zat besi yang sangat baik. Tetapi protein dan lemak dalam sebuah burger khas bisa memakan waktu cukup lama untuk dicerna.

Karena itu, hidangan padat benar-benar harus dihindari setidaknya 4 jam sebelum kamu berencana untuk tiduri.

“Daging sapi giling dalam burger terlalu berat dan sulit dicerna menjelang waktu tidur karena kandungan lemak dan proteinnya yang tinggi,” jelas Moon.

Untuk alternatif protein yang lebih kecil, cobalah memilih ayam panggang atau dada kalkun, yang jauh lebih sedikit mengandung lemak jenuh.

4. Matcha

img