5 Makanan Ini yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok Kamu!

5 Makanan Ini yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok Kamu!
Makanan Penyebab Rambut Rontok

5 makanan yang sering kamu konsumsi ini tanpa kamu sadari menjadi penyebab rambut rontok! Apa saja ya?

Masalah rambut rontok dialami oleh hampir setiap wanita. Hal ini cukup mengganggu mengingat rambut merupakan mahkota penting yang dimiliki wanita. Tetapi taukah kamu bahwa ternyata salah satu penyebab rambut rontok adalah makanan yang sering kamu konsumsi tanpa kamu sadari ternyata itu lah yang membuat rambut kamu semakin sering mengalami kerontokan dari hari ke hari. Berikut beberapa makanan penyebab rambut rontok yang telah Woop rangkum buat kamu.

Makanan Penyebab Rambut Rontok

1. Makanan kemasan

Makanan kemasan
Makanan kemasan

Meskipun makanan kemasan terasa nikmat di lidah, namun makanan ini kurang menyehatkan. Hindari makanan kemasan jika kamu ingin rambut yang sehat dan kuat. Secara umum, makanan kemasan mengandung cochineal dan zat karmin yang bisa membuat rambut kamu menjadi mudah rontok. Makanan yang termasuk makanan kemasan adalah makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa buatan, dan zat pewarna kimia.

2. Makanan dengan kandungan selenium

Makanan dengan kandungan selenium
Makanan dengan kandungan selenium

Selenium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan, namun hanya dalam dosis kecil. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan dengan kandungan selenium yang tinggi, kadar selenium dalam darah akan meningkat. Hal ini akan berefek pada kerontokan rambut. Beberapa makanan yang mengandung selenium yang tinggi adalah nasi putih, roti, daging sapi, dan tuna.

Baca juga: 7 Rekomendasi Produk Sampo Terbaik Untuk Rambut Rontok

3. Ikan yang mengandung merkuri

Ikan yang mengandung merkuri
Ikan yang mengandung merkuri

Ikan memang dikenal akan kandungan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mencegah peradangan dan memicu pertumbuhan rambut. Tetapi ternyata menurut sebuah penelitian, masalah kerontokan rambut justru dapat dipicu dari konsumsi ikan yang berlebihan. Ikan tersebut adalah ikan yang telah tercemar merkuri. Kandungan merkuri pada ikan tersebut bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Jenis ikan yang tinggi akan kandungan merkuri adalah ikan makarel dan ikan tuna.

4. Kafein

Kafein
Kafein

Minuman dengan kandungan kafein yang tinggi perlu dibatasi konsumsinya dan diwaspadai karena bisa membahayakan kesehatan rambut. Kafein bisa membuat rambut menjadi mudah patah dan rapuh. Oleh karena itu, batasilah konsumsi berkafein tinggi seperti kopi, teh, dan cokelat.

5. Alkohol

Alkohol
Alkohol

Menurut sebuah penelitian, konsumsi alkohol secara berlebihan bisa menjadi penyebab dari kerontokan rambut. Kamu perlu membatasi konsumsi alkohol agar tetap aman untuk kesehatan rambut dan juga tubuh.

Itulah beberapa makanan penyebab rambut rontok. Jika rambutmu rontok, mungkin kamu bisa mulai menghindari makanan-makan tersebut dan mulai menggunakan sampo dan vitamin untuk kesehatan rambut.

Selanjutnya: Kebiasaan-kebiasaan ini sering dilakukan tanpa sadar yang bisa membuat rambutmu rontok. Kurangi!

Loading Facebook Comment ...