5 Mitos Kecantikan Terpopuler yang Salah Kaprah

5 Mitos Kecantikan Terpopuler yang Salah Kaprah
iStock

Rambut jadi tebal kalau mencukur sendiri, itu salah kaprah!

‘Rambut Semakin Tebal dan Gelap Kalau Dicukur Sendiri’

Ini salah beb. Menurut Dr Haider, mencukur (bukan waxing karena dihabiskan dari akar) tidak berpengaruh pada rambut itu sendiri. Namun mencukur memang membuat rambut tumbuh kembali dan membentuk tumpul bagian ujungnya. Hal ini yang menyebabkan rambut terlihat lebih tebal.

‘Deodoran Bisa Sebabkan Kanker’

Ini juga mitos yang sering dipercaya. Kamu juga ya? Jangan takut, deodoran tidak menyebabkan kanker kok. “Mitos ini diduga berasal dari email hoax. Peneliti kanker di Inggris menyatakan bahwa tidak ada bukti yang meyakinkan di baliknya,” ujar Dr Haider.

‘Makanan Berpengaruh Terhadap Bentuk Rambut’

Jangan pernah percaya ungkapan ini. Ada yang bilang kalau makan pinggiran roti bisa membuat rambut keriting. Itu hanya mitos. Dr Haider menyatakan kalau bentuk rambut diturunkan secara genetik.

Ini berarti mencerna makanan tertentu tidak mempengaruhi genetik seseorang. Dr Haider bahkan menuturkan kalau cuaca juga tidak bisa mengubah rambut seseorang. Namun dapat menyebabkan kerusakan karena cuaca lembab atau panas.

‘Makan Larut Malam Bikin Gendut’

Dr Haider mengatakan tidak ada bukti yang mendukung mitos makan di malam hari bikin gendut. “Kalori adalah kalori terlepas dari kapan kita makan namun makan larut malam bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau jantung,” ujarnya.

Jadi sebenarnya makan di malam hari tak disarankan karena masalah lainnya ya bukan membuat berat badan bertambah.

‘Tidur dengan Bra Bisa Sebabkan Kanker Payudara’

Mitos ini berasal dari penelitian di Amerika Serikat. Ada peneliti yang mengungkap kalau tidur dengan mengenakan bra bisa merusak getah bening dari payudara. Namun studi tersebut secara komparatif tidak terbukti kebenarannya.

Selanjutnya: Dibandingkan percaya mitos di atas, lebih baik coba yuktren kecantikan ini