5 Tips Menggunakan Softlens yang Benar untuk Pemula

5 Tips Menggunakan Softlens yang Benar untuk Pemula
Tips Menggunakan Softlens

Menggunakan softlens perlu berhati-hati karena berhubungan langsung dengan mata yang sensitif. Simak 5 tips menggunakan softlens yang benar!

Softlens merupakan benda pengganti kacamata yang dipasangkan langsung ke bola mata guna melihat dengan lebih jelas. Layaknya kacamata, softlens memiliki berbagai macam minus bahkan ada yang tidak memiliki minus sama sekali, yang biasanya digunakan untuk fashion agar warna mata asli berubah menjadi warna yang diinginkan.

Penggunaan softlens lebih praktis karena tidak seperti kacamata, tidak akan ada kaca yang berembun ketika menggunakan masker atau menyeruput kopi panas, dan tidak akan ada sesuatu yang mengganjal ketika berbaring sambil memainkan smartphone. Tetapi meskipun begitu, ternyata penggunaan softlens jauh lebih berisiko daripada kacamata. Untuk itu, simaklah beberapa tips menggunakan softlens yang benar untuk pemula berikut ini.

Tips Menggunakan Softlens untuk Pemula

1. Mencuci tangan hingga bersih

Mencuci tangan hingga bersih
Mencuci tangan hingga bersih

Pastikan tangan kamu benar-benar bersih sebelum menggunakan softlens. Sekalipun kamu pemula atau sudah mahir dalam menggunakan softlens, kebersihan dan higienis tetap nomor satu karena softlens berhubungan dan bersentuhan langsung dengan mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dan mengeringkannya hingga benar-benar kering sebelum kamu menggunakan softlens.

2. Gunakan tetes mata softlens jika terasa kering

Gunakan tetes mata softlens jika terasa kering
Gunakan tetes mata softlens jika terasa kering

Seringkali mata akan terasa kering ketika menggunakan softlens, terutama jika berada di ruangan ber-AC. Softlens yang kering akan membuat mata menjadi tidak nyaman sehingga penglihatan akan kabur dan mata akan terus berkedip. Untuk mengatasi itu, gunakanlah tetes mata yang dikhususkan untuk softlens agar tidak kering.

Baca juga: Cara Menggunakan Lipstik Matte Tanpa Bikin Bibir Kering

3. Jangan gunakan lebih dari 8 jam

Jangan gunakan lebih dari 8 jam
Jangan gunakan lebih dari 8 jam

Softlens tidak didesain untuk dipakai dalam waktu yang lama, apalagi hingga seharian penuh. Gunakanlah softlens maksimal 8 jam, bahkan kalau bisa kurang dari waktu itu. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan softlens setiap hari. Sisihkan waktu sehari tanpa menggunakan softlens agar mata memiliki waktu untuk bernapas lega.

4. Jangan dipakai tidur

Jangan dipakai tidur
Jangan dipakai tidur

Memakai softlens ketika tidur bisa merusak produksi air mata alami yang seharusnya melumasi seluruh bagian mata, akibatnya hal ini akan membuat softlens kering dan akan memberikan efek berbahaya untuk kornea mata yang merupakan lapisan pelindung mata paling luar.

5. Cuci softlens dan wadahnya

Cuci softlens dan wadahnya
Cuci softlens dan wadahnya

Selalu cuci softlens beserta wadahnya setiap kali kamu melepas softlens. Softlens harus dicuci dengan menggunakan cairan khusus pencuci softlens, sedangkan wadahnya boleh dicuci dengan air biasa kemudian keringkan. Agar lebih higienis, cuci ulang softlens ketika akan digunakan.

Itulah beberapa tips menggunakan softlens bagi para pemula. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan ketika ingin menggunakannya ya. 

Selanjutnya: Terkadang, kita sering melupakan kesehatan mata. Padahal mata juga menjadi hal penting yang harus kita rawat.