6 Kebiasaan Rambut yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga

6 Kebiasaan Rambut yang Harus Kamu Hentikan Sekarang Juga
ISTOCK

Salah satunya: malas baca. 

Dalam kalender kita, tidak hanya terdapat tanggal ulang tahun, jadwal rapat, deadline tugas A, tapi juga good hair day. Sialnya, tidak ada yang tahu kapan ini akan terjadi. Di sisi lain, bad hair days bisa terjadi kapanpun, alias lebih sering! Mungkin tidak akan merusak mood sepanjang hari, tapi rasanya ingin menyembunyikan rambut di balik pot bunga hari itu. Untuk meminimalkan bad hair days dan lebih meningkatkan jumlah good hair days, ada beberapa kebiasaan yang harus kamu ubah dari sekarang. 

1. Mengaplikasikan Conditioner ke Akar Rambut

Conditioner harusnya tidak boleh bersentuhan dengan akar rambut. Soalnya, ini adalah rambut-rambut terbaru dan tidak memerlukan ekstra pelembab. Rambut-rambut lebih tualah dan lebih panjang yang membutuhkan kekuatan conditioner. Jadi, tidak peduli sepanjang apa rambutmu, sebaiknya aplikasikan cairan ini dari bagian tengah sampai ujung rambut. Jika kamu merasa ada kekeringan di sekitar garis rambut, oleskan conditioner ke telapak tangan dan tepuk-tepuk daerah tersebut, lalu bilas bersih. 

2. Menggosok-gosok Rambut Saat Keramas

Rambut berada dalam kondisi paling lemah ketika basah, jadi memutar-mutarnya bisa menyebabkan kerusakan parah. Alih-alih, taruh sedikit shampoo di kedua telapak tanganmu, dan tepuk-tepuk di seluruh kulit kepala. Lalu gunakan ujung jari untuk menebarkannya ke dalam kepala kulit. Ujung rambut biasanya tidak terlalu kotor, sehingga akan bersih dengan cepat saat dibilas.

3. Melepaskan Karet Rambut dengan Kasar

Pernah merasa kaku di sekitar wajah? Mungkin salah satu penyebabnya adalah caramu menarik karet rambut. Selain wajah kaku, kebiasaan ini membuat rambut rusak. Jadi, pelan-pelan saja. Take your time, darling

4. Malas Membaca Instruksi Pemakaian

Styling products biasanya memiliki instruksi spesifik jika ingin mendapatkan hasil maksimal. Hairspray dan dry shampoo harus disemprotkan paling tidak dari jarak 30 cm dari kepala. Serum silikon sebaiknya diaplikasikan dalam jumlah minimal pada rambut lembab. Mousse harus didistribusikan secara merata ke seluruh rambut basah—tidak menumplekkannya dengan satu colekan raksasa. Curl creams hanya untuk perempuan berambut keriting—bukan untuk mereka yang ingin memiliki rambut keriting. Baca, renungkan dan ikuti instruksi dengan baik dan tepat untuk menghindari rambut lepek, lengket, kering, dan segala efek yang tidak diinginkan. 

5. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Yep, bahkan jika kamu memiliki rambut super lembut dan berminyak setelah dua jam keramas. Atau jika kamu olahraga setiap hari. Mencuci rambut setiap hari hanya membuatnya kering dan lemah, alhasil tidak enak dilihat. Jadi, batasi kuantitias keramas. Pakai dry shampoo atau post-workout conditioner untuk membersihkan keringat dan minyak, dan hidrator yang terkandung di dalamnya akan membuat rambut lembut dan bervolume. 

6. Menyisir Rambut dari Akar sampai Ujung

Jika sering melakukan ini, berarti kamu merusak, menarik rambut dan membuatnya rontok. Coba lakukan: mulai dari bawah, menuju ke bagian atas. Makin sedikit 'kan rambut yang tertinggal di sisir? Precisely

Loading Facebook Comment ...