6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Lapar

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Lapar
ISTOCK

Karena bisa melukai perut atau malah membuatmu tambah lapar.

Skenario ini sama sekali tidak asing: perut kosong melompong karena lupa makan seharian dan kemudian mencobanya mengisinya kembali. Beberapa dari kita melakukan kesalahan ini: memakan sesuatu yang sebenarnya alih-alih memulihkan kekuatan, malah membahayakan perut. Berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong dan lapar bukan kepalang.

Makanan pedas

Hindari karena: Memakan masakan pedas dalam kondisi perut kosong akan meningkatkan iritasi pada perut. Alasannya karena nggak ada hal lain di perutmu yang bisa melindungi perutmu saat bersentuhan dengan makanan pedas. Ini artinya makanan dengan sambal panas sebaiknya ditahan dulu sampai kamu mengonsumsi makanan lainnya. 

Tips: Dairy product umumnya bagus untuk melapisi dan melindungi perut dari panasnya cabe (ini kenapa makanan India sering disajikan dengan yoghurt), jadi coba minum susu atau makan yoghurt sebelum menyantap pecel ayam sambal cetar favoritmu.

Cuma buah

Hindari karena: Hanya sebuah apel atau pear tidak akan menghilangi rasa laparmu. Meskipun gula di dalam buah-buahan ini dicerna lebih lambat daripada gula di permen, dikarenakan serat yang terkandung di dalam buah, satu biji apel nggak akan memberikan efek apapun. Perlu ditambahkan protein yang memiliki manfaat menekan ghrelin, “hormon lapar” yang selalu memerintah otakmu untuk terus makan.

Tips: Tambahkan kacang-kacangan, keju atau nut butter. Atau coba campur buah-buahan dengan cottage cheese atau Greek yoghurt; niscaya rasa laparmu akan teratasi.

Makanan kecil dengan bungkus super mini dan menggemaskan

Hindari karena: Meskipun tertera bahwa snack tersebut mengandung 100 kalori, percayalah makanan ini tidak akan meredakan rasa lapar—yang merupakan masalah utama mini-pack snacks. Makanan seperti crackers atau chips, yang terbuat dari karbohidrat sederhana dan dicerna dengan super cepat, membuat kamu lapar lagi tak lama setelah menamatkan satu bungkus kecil Chitato.

Tips: Kurangi porsi makan malammu dan nikmatilah 250 sampai 300 kalori makan siang, dengan menu campuran karbo dan protein yang lengkap.

Jeruk, mint, saus pasta dan kafein

Hindari karena: Ini adalah contoh makanan yang membuat perut memproduksi acid ketika dimakan, dan bisa mengakibatkan iritasi dan radang pada dinding perut..

Tips: Sebagian besar sayuran tidak merangsang produksi acid di dalam perut. Cobalah sayur-sayur klasik seperti brokoli atau buncis.

Sushi

Hindari karena: Kombinasi nasi putih (biasanya ½ atau 1 gelas per rol) dan saus soya, membuat sushi menjadi pilihan dua kali lebih nggak baik untuk mengurangi rasa lapar. Nasi akan berujung negatif karena kurang mengandung serat dan saus soya (yang kaya akan sodium) akan membuat kehausan. Akhirnya, kamu akan terus makan padahal yang lebih dibutuhkan adalah segelas air.

Tips: pilihlah naruto rolls yang dibungkus dengan timun (bukan nasi), dan mulailah dengan menyantap salad atau edamame (ditaburi jeruk nipis, bukan garam).

Cocktail favoritmu

Hindari karena: Mengonsumsi alkohol dalam kondisi perut lapar akan membuatmu lebih mudah mabuk, dan selain itu mengakibatkanmu ingin makan segalanya. Penelitian membuktikan bahwa alkohol merendahkan level leptin, hormon yang memberitahukan otak bahwa kamu sudah kenyang.

Tips: Katakan tidak pada mixed nuts, karena kemungkinan besar penuh dengan garam. Lebih baik pesan appetizer seperti sayuran atau grilled chicken tenders sebelum minum alkohol.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com