6 Makanan yang Harus Dijauhi Saat Buka Puasa

6 Makanan yang Harus Dijauhi Saat Buka Puasa
ISTOCK

Saat kita lapar yang terjadi di otak kita adalah kita ingin makan semua makanan yang ada. Apa kamu merasakan itu saat buka puasa? Untuk itu, hindari enam makanan ini ya saat buka puasa.

Skenario ini sering terjadi selama bulan puasa: perut kosong melompong karena tidak makan seharian dan kemudian mencobanya mengisinya kembali. Benar? Biasanya kita akan mengonsumsi semua makanan apa pun untuk memulihkan kekuatan. Namun pada kenyataannya, hal tersebut malah bisa membahayakan perut lho. Untuk itu, kamu disarankan memilih makanan yang baik buat perut sekaligus bisa mengisi energi kembali. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong dan lapar bukan kepalang. 

Makanan Pedas

img

Katanya makanan pedas bisa menggugah selera kita. Namun ternyata mengonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut kosong setelah puasa seharian akan meningkatkan iritasi pada perutmu. Alasannya, karena tidak ada hal lain di perutmu yang bisa melindunginya saat bersentuhan dengan makanan pedas. Ini artinya, kamu harus mengonsumsi makanan lain sebelum ‘menyolek’ sambal dengan nasi panas. Atau kamu bisa mengonsumsi dairy product yang bagus untuk melapisi dan melindungi perut dari panasnya cabai (ini kenapa makanan India sering disajikan dengan yoghurt). 

Hanya Mengonsumsi Buah

img

Mengonsumsi buah memang baik untuk kesehatan. Namun hanya mengonsumsi satu buah apel atau pir tidak akan menghilangi rasa laparmu. Meskipun gula di dalam buah-buahan ini dicerna lebih lambat daripada gula di permen, ini tidak akan memberikan efek apa pun. Jika memang kamu sedang diet dan hanya ingin mengonsumsi buah, kamu hanya perlu menambahkan protein: kacang-kacangan, keju, atau nut butter, yang memiliki manfaat menekan ghrelin yaitu hormon lapar yang selalu memerintahkan otakmu untuk terus makan. Tidak hanya itu saja, kamu bisa mencoba mencampurkan buah-buahan dengan cottage cheese atau greek yoghurt niscaya rasa laparmu akan teratasi. 

Makanan Kecil (dengan Bungkus Kecil)

img

Niatnya hanya untuk mengganjal perut setelah buka puasa. Namun percayalah makanan ini tidak akan meredakan rasa lapar (meskipun mengandung 100 kalori). Makanan seperti crackers atau chips--terbuat dari karbohidrat sederhana yang bisa dicerna dengan super cepat--bisa membuatmu lapar lagi tak lama setelah menamatkan satu bungkus kecil Chitato. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi porsi makan malammu dan nikmatilah 250 sampai 300 kalori makan dengan menu karbo dan protein yang lengkap.