6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Awet Muda

6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Awet Muda
ISTOCK
6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Awet Muda

Ingin seperti Sophia Latjuba yang selalu terlihat awet muda? Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan ini.

Afraid of getting older, with dry skin and all? You need not worry, karena ternyata alam sudah menyediakan kita serangkaian makanan alami yang memiliki fungsi anti penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya, sehingga akan membuatmu terlihat tua dan penuh dengan kerutan. Tentunya, penuaan tidak bisa kita hindari--dan harus kita jalani dengan ikhlas.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mencegah penuaan datang lebih awal, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Para ahli menyatakan ada beberapa makanan yang dapat menunda dan mengurangi penuaan.

“Kamu harus bisa memberikan nutrisi pada tubuh yang diperlukan agar fungsi organ bisa berjalan dengan seharusnya. Namun terkadang, kamu lupa bahwa tubuh adalah mesin yang perlu diminyaki dengan baik, “ ujar Joan Salge Blake, EdD, seorang ahli gizi dan profesor di Universitas Boston.

Pola makan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit harus diimbangi dengan banyak mengonsumsi air, buah, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, dan membatasi garam. Selain itu, tidur yang cukup, berolahraga, dan rajin menggunakan tabir surya juga harus kamu lakukan agar kulit tetap terlindungi.

“Makanan yang sehat, tidur yang cukup, berolahraga, dan sering menggunakan tabir surya akan membantumu terlihat awet muda dan merasa lebih muda,” ujar Elisa Zied, seorang ahli diet dan penulis Younger Next Week.

Nah, untuk mendapatkan kulit yang awet muda, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan antioksidan di dalamnya. Makanan ini dapat membantu memerangi proses penuaan datang lebih cepat. So, find out what they are, now!

  • Pepaya
Pepaya & 4 Asupan Lain yang Bisa Bikin Kulitmu Lebih Bersinar - 4
SHUTTERSTOCK

Tidak semua orang menyukai buah ini. Namun perlu diketahu bahwa pepaya kaya akan beragam antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Pepaya juga dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Dalam satu buah pepaya terkandung vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B. Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan. Buah berwarna oranye ini juga mengandung enzim yang disebut papain yang dapat memberikan manfaat anti-penuaan tambahan sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik di alam. Enzim ini juga ditemukan di banyak produk pengelupasan kulit.

  • Kubis
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Apakah kamu penggemar kubis atau kol? Yep, kubis menjadi salah satu makanan yang bisa membuatmu awet muda. Sebab kubis mengandung folat, vitamin A, dan C yang ramah terhadap kulit. Vitamin C di dalam kubis dapat menghasilkan kolagen yang baik untuk kulit. Sementara vitamin A di dalam kubis dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memicu penuaan.

Baca: Tren Kecantikan Baru: Lendir Siput yang Bisa Melawan Penuaan

  • Alpukat 
5 Jenis Makanan yang Bisa Dongkrak Produktivitas Kerja - 2
SHUTTERSTOCK

Everybody loves avocado! Which is a good thing, karena alpukat tinggi vitamin E dan merupakan sumber nutrisi yang kaya antioksidan; penting untuk mempertahankan kulit bersinar dan rambut berkilau. Buah ini juga memiliki kandungan folat tinggi, yang penting untuk regenerasi sel kulit dan akan memberikan tampilan kulit lebih muda dan segar.

  • Bluberi
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Bluberi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan! Kaya akan vitamin C, bluberi membantu sirkulasi darah dan memberikan mineral dan garam yang membantu tubuh untuk melawan proses penuaan. Juga tinggi akan kalium dan potassium yang dapat membantu pengaturan keseimbangan cairan dalam sel, sehingga pembengkakan tubuh dan fluid retention dapat dihindari. Add them to your breakfast smoothie now!

  • Brokoli
Hindari 7 Makanan Penyebab Maag Saat Puasa - 2
SHUTTERSTOCK

Mengukus brokoli adalah cara terbaik untuk mempertahankan semua nutrisi hebat yang dikandung sayuran ini. Tinggi serat dan nutrisi, brokoli tidak hanya membantu menjaga berat badan tetap rendah, kandungan vitamin C dan bera karoten dapat membantu mencegah dan melawan penyakit jantung.

  • Salmon
Konsumsi 7 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Pikun - 0
SHUTTERSTOCK

Siapa yang tidak suka salmon? Ikan satu ini memang telah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab ikan salmon mengandung lemak omega-3 terbaik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3, terutama dari ikan dapat menjaga sel-sel kanker kulit agar tidak tumbuh dan menyebar. Usahakan untuk setidaknya mengonsumsi dua porsi ikan salmoin sebanyak 3 ons setiap minggunya.

Selanjutnya: Lady Gaga mengeluarkan lini kosmetiknya dan menggunakan aksesoris karya desainer Indonesia. Baca selengkapnya di sini