6 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

6 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui
iStock

Tunjuk tangan: siapa yang susah sekali bangun pagi setiap harinya? Yep. Rasanya bangun pagi menjadi 'musuh' bagi semua orang. Padahal... 

Bagi seorang ‘morning person’, bangun pagi memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Idealnya, bangun pagi dimulai sebelum matahari terbit (atau sekitar pukul lima pagi), karena udara masih terasa segar dan bebas dari polusi. Wah! Perlu kamu ketahui, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari bangun pagi. Apa sajakah itu?

  • Tubuh Lebih Sehat

Meski membutuhkan usaha yang kuat. Bangun pagi bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Hal ini dikarenakan tubuh akan menghirup oksigen yang belum terkontaminasi oleh polusi udara. Jangan lupa untuk memulainya dengan olahraga pagi, sebelum melakukan aktifitas.

  • Lebih Produktif

Serius? Yep. Tidak menunda-nunda waktu untuk bangun pagi bisa membuat diri menjadi lebih kreatif dan produktif lho. Biasanya, orang yang terbiasa bangun pagi memiliki semangat tinggi dalam hal bekerja.

  • Suasana Hati Lebih Bagus

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh American Psychologial Association menjadi seorang morning person dapat membuat seseorang lebih bahagia dibandingkan mereka yang banyak menunda waktu bangun tidur. Jadi, cobalah untuk terbiasa bangun pagi!

  • Memiliki Tidur yang Berkualitas

Yep. Sepertinya kamu memang benar-benar harus mengubah kebiasaanmu. Sebuahstudi dari Appalachian States University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang memulai hari lebih awal memiliki tingkat kelelahan yang lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang bangun siang. Sehingga, membuat kualitas tidur menjadi lebih baik di malam harinya.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Bukan hanya tubuh yang menjadi lebih sehat, bangun pagi juga dapat meningkatkan fungsi otak. Membuat pikiran lebih jernih dan lebih optimal saat mengerjakan deadline pekerjaan.

  • Memiliki Metabolisme yang Baik

Menjalankan olahraga adalah cara terbaik untuk memulai metabolisme. Ketika kamu bangun pagi, tubuh memiliki banyak waktu untuk mencerna semua makanan yang telah masuk. Dan, pada akhirnya, akan memperlancar metabolisme. 

Selanjutnya: Iya, sebagai manusia kita sering membuat kesalahan. Yang tanpa disadari sebenarnya malah membahayakan kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah dalam hal mengolah makanan

Shop From Our Partner Cathaofficial.com