6 Masalah Memalukan yang Selalu Dialami Bumil

6 Masalah Memalukan yang Selalu Dialami Bumil
iStock

Semua perempuan yang pernah hamil pasti pernah mengalaminya. Ini deretan ‘hal’ yang hanya dialami bumil (ibu hamil). 

Saat hamil, apa kamu pernah mengalami beberapa ‘masalah’ yang membuatmu malu di tempat umum? Perjalanan kehamilan memang seperti naik roller coaster bagi seorang ibu.

Terlepas dari kulit yang bercahaya dan bayi cantik, benjolan pada payudara yang gatal dan perasaan ingin terus buang angin di tempat umum merupakan hal yang terjadi selama kehamilan. Tidak hanya itu, ada hal-hal memalukan lain yang terjadi selama hamil. Seperti hal berikut:

  • Buang angin dan bersendawa

Saat bayi tumbuh, ruang di perut menjadi kencang. Usus menjadi sesak yang membuat pencernaan tidak terkontrol dengan baik sehingga kamu sering kembung. Makanan seperti pizza, es krim, dan junk food, juga menyebabkan perut bermasalah.

Solusi:

Bumil disarankan untuk makan dalam jumlah yang sedikit tapi sering untuk mengurangi gas dan kembung. Hindari mengonsumsi makanan berlemak, terutama yang mengandung pemanis buatan. Jalan-jalan 20 menit setelah makan malam (hanya jika dokter tidak keberatan). Jika tidak, minta dokter untuk merekomendasikan obat anti-gas.

img

  • Puting gatal

Karena payudaramu bersiap untuk menyusui, ukuran puting dan payudara bertambah. Ketika payudara mulai tumbuh, kulit sensitif di daerah puting karena semakin melebar yang memicu rasa gatal.

Solusi:

Oleskan banyak pelembap pada puting ketika merasa ingin menggaruk. Untuk itu, pakailah pelembap puting sebelum berpergian. Menggunakan lotion dengan vitamin E dan kakao setelah mandi juga dapat membantu menjaga kulit kenyal serta mencegah gatal. Kenakan bra menyusui berbahan katun lembut dan hindari mengenakan pakaian yang tidak nyaman.

  • Nyeri di pangkal paha

Rasa sakit di pangkal paha mulai terjadi sejak pertengahan kehamilan. Pada saat ini, ligamen di pinggul meregang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh. Mungkin merasakan sakit ketika berdiri setelah duduk lama atau sebaliknya. Saat berat kepala bayi menekan tulang kemaluan, pangkal paha bisa nyeri dan terus intens.

Solusi:

Gunakan sandaran kaki atau bantal untuk menopang kaki sekaligus meringankan tekanan pada panggul. Melakukan peregangan sederhana setiap hari bisa meredakan beberapa ketegangan pada bagian tersebut.

  • Anyang-anyangan

Saat hamil, hormon-hormon tertentu memberi sinyal pada otot panggul untuk rileks sebagai pembuka jalan lahir. Ini membuatmu lebih rentan terhadap anyang-anyangan atau keinginan buang kecil terus-menerus. Dari trimester kedua, bayi mulai menekan kandung kemih yang juga menjadi penyebabnya.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com