6 Minyak Esensial yang Baik untuk Kulit (Tapi Jarang Kita Dengar)

6 Minyak Esensial yang Baik untuk Kulit (Tapi Jarang Kita Dengar)
ISTOCK

Salah satunya: minyak kemenyan.

Sepertinya kita sudah tahu bahwa minyak esensial tidak hanya wangi tapi juga memiliki efek yang bagus saat diaplikasikan ke kulit. Namun tahukah kamu bahwa minyak tersebut tidak hanya lavender, chamomile atau rosemary? Ada jenis minyak-minyak lain yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, tapi (sangat) mungkin belum pernah kita dengar (apalagi mencobanya) selama ini. Berikut beberapa di antaranya: 

CARROT SEED ESSENTIAL OIL

Seperti yang kita tahu dari dulu, wortel memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, terutama mata. Namun, ternyata kehebatannya tidak hanya sebatas untuk kesehatan indera penglihatan, kekebalan tubuh—atau memberikan warna mentereng dan membuat makanan menarik (a.k.a Instagrammable). Minyak esensial dari wortel merupakan minyak pembersih yang digunakan dalam formula kecantikan untuk anti penuaan, karena bisa membantu regenerasi kulit dan mencegah keriput. Selain itu, berguna juga mengobati jerawat dan infeksi kulit.

HELICHRYSUM ESSENTIAL OIL

Minyak esential dari bunga helichrysum merupakan anti inflamasi yang sangat baik dan memiliki sifat seperti steroid alami. Juga seringkali digunakan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan sering dijuluki "The Everlasting Flower" karena kemampuannya meremajakan  kulit dan memperbaiki dan meratakan warna kulit. 

MYRRH ESSENTIAL OIL

Ada yang pernah dengar tentang myrrh essential oil? Ya, memang sedikit misterius dan pengetahuan kita masih terbatas tentang minyak ini. Myrrh atau mur adalah resin atau zat seperti getah yang berasal dari pohon yang disebut Commiphora myrrha, dan banyak tumbuh di Afrika atau Timur Tengah. Myrrh atau mur secara botanikal memiliki hubungan persaudaraan dengan frankincense atau kemenyan. Minyak essenial ini berkhasiat membuat tubuh lebih berenergi, merupakan anti inflamasi yang baik, dan bisa digunakan untuk menyembutkan infeksi kulit dan luka terbuka.

LIME ESSENTIAL OIL

Kita menggunakan produk beraroma jeruk nipis untuk membersihkan piring di rumah. Namun, bagaimana dengan minyaknya? Minyak jeruk ini mengandung antioksidan tinggi dan diduga bermanfaat bagi kulit, misalnya untuk anti penuaan dan mempercerah kulit. Ada satu lagi, minyak ini pun bisa digunakan untuk kamu yang menderita varises.

FRANKINCENSE ESSENTIAL OIL