7 Cara Membersihkan Pori-Pori Kulit yang Tersumbat

7 Cara Membersihkan Pori-Pori Kulit yang Tersumbat
ISTOCK

Mulai dari daun sop sampai alat yang bikin sakit. 

Setiap hari, kulit berperang dengan keringat, polusi, dan alat makeup yang bisa membuatnya tersumbat. Jadi, jika kamu memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat, memastikan pori-pori kulit bersih merupakan kunci hidup bahagia. Akan tetapi, ada begitu banyak hal yang bisa menyumbatnya, termasuk bahan-bahan perawatan kulit dan produksi minyak alami tubuh. Belum lagi, pemilik kulit berminyak cenderung lebih rentan terhadap masalah ini; bakteri tertahan dan berpesta pori di kulit, lalu berubah menjadi whiteheads, blackheads, dan papules. Sungguh menyeramkan.

Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki kulit pori-pori yang bersih agar oksigen bisa keluar-masuk dengan bebas, sehingga bakteri tidak menyebabkan masalah. Ada beberapa cara: alami dan yang melibatkan tangan-tangan profesional.

1. Rendaman Daun Sop

Siapa yang tahu kalau ternyata daun yang mempercantik makanan satu ini ternyata bisa menjadi perawatan DIY penyumbatan pari-pori? Sebagai zat penciutan alami, daun ini sangat efektif mengeluarkan racun-racun dan penyebab penyumbatan lainnya.

Caranya: ambil parsley segar yang sudah dibersihkan dan masukkan ke dalam mangkuk berisikan air mendidih. Biarkan terendam sampai air menjadi dingin. Kemudian, celupkan lap wajah ke dalam air dan letakkan di wajah selama 10-15 menit. Ulangi ritual ini dua hari sekali.

2. Krim Baking Soda 

Produk standar dapur ini bisa bertindak sebagai pembersih pori-pori yang mengeksfoliasi secara lembut.

Caranya: campurkan dua sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air untuk mengubahnya menjadi bentuk krim. Gunakan gerakan memutar saat mengaplikasikannya ke wajah. Diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air. Lakukan ini sekali seminggu untuk melepaskan sel kulit mati dan menyeimbangkan kulit.

3. Perawatan Lemon

Untuk pori-pori yang lebih bersih, lakukan ini dua kali seminggu. Asam sitris yang terkandung di dalam lemon bisa mengeksfoliasi kulit, dan membersihkan semua kotoran atau sisa minyak di pori-pori.

Caranya: Belah dua lemon dan gosok pada area yang diinginkan. Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan air hangat suam-suam kuku.

4. Pore Strips

Ingat masa-masa jaya dulu saat menempelkan plester putih tersebut di daerah hidung dan jidat, dan membuatmu terlihat seperti setengah zombie? Strips ini biasanya terbuat dari bahan-bahan tertentu yang berfungsi seperti magnet, mengunci dan mengangkat kotoran di dalam pori-pori.

5. Eksfoliasi Ganda

Jangan pernah meremehkan kekuatan eksfoliasi reguler. Itu merupakan sebuah cara termudah dan paling penting untuk mengatasi masalah pori-pori tersumbat. Jika eksfoliator manual tidak berhasil membersihkannya, coba kombinasi alat pembersih dengan eksfoliator kimia.

6. Masker Arang