7 Cara Menghembuskan Nafas Baru pada Rambut dan Kulit

7 Cara Menghembuskan Nafas Baru pada Rambut dan Kulit
iSTOCK

Tidak harus ke salon.

Tarik nafas, tahan, keluarkan. Tarik nafas lagi, dan hembuskan ke arah kulit dan rambut. Sulit? Memang. Namun, tidak sulit memberikan "nafas" dan "kehidupan" baru kepada kulit dan rambut yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan (selalu lepek padahal sudah rajin keramas, atau wajah yang kusam). Mari kita ikuti cara-cara agar dua hal tersebut kembali sehat. 

1. Perhatikan Kesehatan Genetik

Tanpa disadari, genetik merupakan faktor terpenting untuk menentukan kualitas kulit dan rambut, lho. Jadi mulai sekarang, perhatikan kesehatan genetik keluarga, saraf dan emosi, serta sistem kekebalan tubuhmu. Caranya: konsumsilah makanan sehat dan bernutrisi.

2. Selalu Ingat untuk Membersihkan Wajah

Gunakan pencuci wajah yang sesuai untuk jenis kulit, dan bersihkan dua kali sehari. Serta, gunakan pembersih wajah pada malam hari untuk menghapus make-up dan kotoran yang menempel di wajah. Berikan kesempatan pada kulitmu untuk bernafas dengan bebas tanpa terganggu oleh bedak atau primer. 

3. Selalu Pakai Tabir Surya

Kita sering melupakan ini: menggunakan tabir surya setiap hari bahkan saat kamu berada di dalam ruangan. Seandainya kamu butuh diingatkan,  sinar UVA matahari bisa menerobos kaca jendela dan berkontribusi terhadap penuaan dini dan pigmentasi. Idealnya, tabir surya harus diaplikasikan setiap tiga jam saat matahari bersinar. Pastikan, tabir suryamu memiliki SPF 30 atau lebih.

4. Hindari Penggunaan Air Panas yang Berlebih

Banyak yang mengira bahwa air panas baik digunakan untuk mandi bahkan keramas. Memang sih, sangat katartis apalagi saat badan pegal. Namun, air panas akan membuat rambutmu kering dan rapuh, karena melepaskan minyak pelindungnya.

5. Batasi Frekuensi Keramas