7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur
ISTOCK

Selamat berpuasa! Bagaimana puasa hari pertamamu? Lemas, ngantuk atau semangat? Agar tidak lemas seharian, hindari deretan makanan ini saat sahur ya...

Selama berpuasa, pola makan akan berubah. Salah satu cara untuk membuat tubuh tetap fit meski sedang menjalankan puasa adalah dengan makan sahur. Agar saat menjalankan rutinitas, kita tetap memiliki energi. Tentunya, makanan yang kita konsumsi saat sahur harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai malah membuat kita lemas seharian.

Yep, selama berpuasa, segala rutinitas akan sedikit mengalami perubahan, khususnya dalam hal pola makan, dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Hal ini yang membuat kebutuhan energi pun ikut berkurang, karena kerja organ tubuh bekerja menjadi lebih lambat. Salah satu cara untuk membuat tubuh tetap fit saat berpuasa adalah dengan sahur.

Sebelum waktu puasa tiba, kita disarankan untuk menyantap sejumlah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan juga seimbang (daripada berpikir untuk menambahkan porsi makanan saja). Makanan dengan kandungan serat dan air sangat diperlukan tubuh saat makan sahur. Jadi, makanan apa saja yang harus dihindari saat sahur?

  • Karbohidrat Sederhana

img

Bukan bermaksud untuk melarangmu mengonsumsi karbohidrat, tapi karbohidrat sederhana seperti gula, tepung putih, mie instan dan aneka kue, bisa membuatmu mudah lapar saat puasa. Karena karbohidrat sederhana lebih cepat diserap oleh tubuh dalam jangka waktu 3 sampai 4 jam saja. Sementara, tubuhmu tidak menerima asupan selama lebih dari 12 jam, padahal kamu harus menggunakan energi untuk bekerja dan beraktivitas.

Kalau kita sahur pukul 03.30, mungkin sekitar pukul 08.00-09.00 perut akan mulai lapar dan kamu tersiksa hingga waktu berbuka puasa tiba. Maka dari itu, hindari karbohidrat sederhana dan perbanyak karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi merah, dan oatmeal. Jika kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks, energi yang berasal dari makanan tersebut akan dilepaskan secara perlahan ke tubuh. Sehingga kamu memiliki cadangan energi lebih banyak untuk digunakan pada jam-jam di mana kamu berpuasa.

  • Makanan Asin

img

Woop hanya ingin menyarankan jangan pernah mengonsumsi makanan asin saat sahur. Karena makanan ini akan memberikan efek yang cukup besar saat kamu berpuasa. Makanan dengan kadar garam tinggi seperti keripik, kerupuk harus benar-benar dihindari. Saat siang tubuh akan mengalami ketidakseimbangan level sodium. Akibatnya, kamu akan menjadi mudah sekali mengalami haus dan kemungkinan terjadi dehidrasi sangat tinggi. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk memperbanyak sayuran dan buah segar yang berserat saat sahur.

  • Kafein

img

Bagi kamu penggemar kopi, sebaiknya untuk menghindari mengonsumsi kopi saat puasa, apalagi jika dikonsumsi untuk sahur. Minuman ini mengandung kafein yang jumlahnya cukup banyak, sehingga jika mengonsumsinya akan mengalami gangguan susah tidur hingga pusing seharian.