Banner

Air Dingin atau Air Panas: Mana yang Terbaik?

Air Dingin atau Air Panas: Mana yang Terbaik?
ISTOCK

Air panas lebih baik untuk tubuh. Belum tentu! Eits, daripada kamu sok tahu, lebih baik kita tanyakan ke sang ahli.

Saat sakit, pasti hal pertama yang ibu perintahkan: “jangan lupa banyak minum air putih!”. Benar? Yep, banyak yang bilang bahwa air merupakan salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu, banyak yang bilang jika air bisa membantu menurunkan berat badan. Serius? Bukannya jika kita mengonsumsi air lebih banyak malah bisa membuat kembung? Tenang dulu, Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air dapat membantu sel dan jaringan bekerja sehingga kamu dapat mempertahankan gaya hidup aktif yang dapat menurunkan berat badan dengan mengendalikan rasa lapar.

Semua air itu sehat. Akan Tetapi banyak orang yang bilang bahwa air dingin justru membuat gemuk. Jadi apakah mitos itu benar?

“Tidak! Air dingin yang tidak berkalori tidak akan menyebabkan gemuk,” ujar  Dr. Monica Joice Viona Parasvita, M.Gizi, SpGK, seorang dokter Gizi dari Rumah Sakit Hermina Ciputat.

Menurut Dr Neha Sanwalka, seorang nutritionist and dietician, ada tiga keuntungan dari mengonsumsi air dingin :

  • Minuman post-workout yang sangat baik

Ini merupakan fakta yang diketahui bahwa selama latihan, suhu tubuh kamu akan meningkat. Untuk menurunkan suhu tubuh pasca latihan, dianjurkan untuk minum air dingin.

  • Memerangi sengatan panas

Dr Neha mengatakan bahwa minum air dingin selama musim panas sangat baik untuk kesehatan. Air dingin diserap dengan cepat oleh tubuh dibandingkan dengan air hangat ataupun panas. Saat kamu berada dikeadaan yang panas akibat sinar matahari, minumlah segelas air dingin.

  • Membantu penurunan berat badan

Ya, coba dengarkan! Prinsip utama di balik menurunkan berat badan adalah meningkatkan metabolisme, sehingga pada gilirannya akan membakar lebih banyak kalori. Menurut Dr Neha, minum air dingin dan bahkan mandi air dingin meningkatkan metabolisme tubuh.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Manfaat Baik Dari Air Putih untuk Kulit Wajahmu!

Sedangkan, air hangat pun memiliki keuntungan:

  • Memperbaiki pencernaan

Menurut Ayurveda dan pengobatan China kuno, kamu harus minum segelas air hangat disetiap pagi. Hal ini karena akan mengaktifkan sistem pencernaan yang membantu menghindari gangguan pencernaan dan membantu merangsang aliran darah ke usus dan membantu mencegah konstipasi.

  •  Detoksifikasi tubuh

Air hangat juga bisa membantu mengeluarkan toksin/racun didalam tubuh, mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk lebih meningkatkan efeknya, peras setengah irisan lemon di air dan diminum setiap hari.

  • Meredakan hidung tersumbat

Tidak banyak orang yang sadar akan fakta bahwa air hangat itu baik untuk orang yang terkena flu dan radang tenggorokan. Ini bertindak sebagai ekspektoran alami dengan membantu pengusiran dahak dari saluran pernafasan.

  • Memerangi rasa sakit

Karena air hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan, juga dapat bertindak sebagai bantuan alami yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit. Oleh karena itu, jika kamu sering mengalami nyeri sendi atau kram saat menstruasi, mulailah minum air hangat

Oke, ternyata semua itu hanya mitos. Air dingin dan air panas sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. 

“Kandungan yang terdapat pada air dingin ya tentunya air dinginnya terbuat dari apa dulu. Kalau air yang didinginkannya mengandung gula ya itu sudah pasti memiliki kalori yang tinggi, dan bisa menyebabkan gemuk. Kalau air putih biasanya, dingin atau hangat/panas tidak ada perbedaan, hanya saja berbedanya pada kandungan mineralnya saja,” tambah Monica.

Jadi, kamu bakal pilih yang mana? #TeamAirDingin atau #TeamAirPanas?