Alasan Kamu Susah Memiliki Kulit Sehat Impian

Alasan Kamu Susah Memiliki Kulit Sehat Impian
WOOP.ID

Bukan karena seseorang menukar krim wajahmu dengan krim cuci piring. 

Merasa bahwa daily cleanse, tone, perawatan kulit rutinmu sama sekali tidak berefek seperti yang dijanjikan di kemasan produk? Akhirnya menyalahkan genetik dan produk tersebut dan mempostingnya di media sosial. Kenyataannya adalah kita memiliki kontrol yang sangat besar atas kulit kita, dan mungkin sebenarnya alasan kulitmu masih terlihat kusam tidak ada kaitannya dengan DNA. 

Alasan #1: Kamu mengubah wajahmu jadi gurun Sahara saat satu jerawat muncul

Memang benar drying products memiliki tempat dalam rutinitas kecantikanmu. Namun, jika ada sebuah jerawat yang muncul di ujung bibir, hanya jerawat itu yang perlu perawatan—bukan seluruh wajahmu. Mengaplikasikan produk kering di seluruh permukaan akan merusak keseimbangan kulit dan sebagai kompensasi, kulit memproduksi lebih banyak minyak (hal yang wajib dihindari). Penting sekali untuk diingat bahwa dasarnya jerawat adalah peradangan, sehingga tujuan utama hidupmu saat itu adalah meredakan radang tersebut. 

Alasan #2: Kamu salah dalam hal exfoliation

Ketika berbicara tentang pengelupasan, sebagian besar orang terbagi dalam dua kategori: penggemar berat yang mengelupas kulit setiap hari dan yang setengah hati. Tipe yang pertama melakukan sebuah kejahatan: mengelupas lapisan pelindung kulit yang berfungsi menjaga kelembapan. Sementara tipe kedua membiarkan sel kulit mati menumpuk yang berujung pada kulit kusam. Solusinya, sangat direkomendasikan untuk melakukan exfoliation antara satu hingga tiga kali seminggu (tergantung jenis kulit). 

Alasan #3: Kamu tidak benar-benar membersihkan bekas makeup.

Apakah kamu termasuk rajin membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur? Selamat! Akan tetapi, sedihnya tetap saja ada kemungkinan alat pembersih makeup-mu sebenarnya tidak bekerja dengan maksimal. Jika kamu pernah mengeringkan wajah dan masih meninggalkan jejak maskara di handuk setelah membersihkannya, yah... itu berarti ada yang salah. Hal pertama yang harus dilakukan saat memulai proses pembersihan ini adalah dengan menekankan handuk kecil atau cotton pad pada kulit selama beberapa menit untuk melenturkannya. Kemudian, buat gerakan maju-mundur dari garis rambut ke leher. Saat tidak ada lagi bagian bersih di handuk tersebut, balikkan ke bagian lain dan lanjutkan gerakan yang sama. Selesai ini, kamu bisa mulai membersihkan wajah. Double-cleansing adalah pilihan lebih baik untuk membersihkan segala kotoran di wajah. Meski tidak terlihat dengan mata telanjang, makeup bisa tertinggal sebagai deposit di bawah kulit dan menyumbat pori-pori sehingga nantinya mengganggu proses penyerapan bahan-bahan baik untuk kulit. 

Alasan #4: Kamu lebay

Ada alasan mengapa disebut perawatan kecantikan rutin. Ada tahap-tahap—lapisan—yang terlibat. Akan tapi, jika kamu melapisi kulit dengan semua produk yang tersedia di pasaran, meski mereka memang mengandung bahan-bahan baik untuk kulit, sebenarnya kita sedang merusak kulit. Bahan-bahan aktif dalam beberapa produk tidak bisa bercampur dengan baik begitu saja. Ketika kamu melapisi kulit dengan kombinasi yang salah, sama saja menetralkan elemen-elemen aktif tersebut dan akhirnya mengiritasi kulit.