Alasan Kita Harus Menghindari Memakai Makeup Saat Berolahraga

Alasan Kita Harus Menghindari Memakai Makeup Saat Berolahraga
ISTOCK

Bukan hanya karena maskara yang berantakan. 

Saat berolahraga dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, seringkali kita melupakan satu hal: kesehatan kulit. Tak jarang kita langsung menuju gym tanpa membersihkan sisa makeup kemarin malam. Atau memang sengaja mengenakannya karena ingin terlihat tetap “berkilau” bahkan setelah ngos-ngosan di kelas Zumba.

daihatsu banner

Namun tahukah kamu bahwa apa yang sedang kita lakukan akan merusak kulit? Ini yang sebenarnya terjadi saat makeup melapisi wajah saat berolahraga:

Makeup membentuk lapisan penghalang di kulit dan menutupi pori-pori. Ketika sedang berolahraga, segala makeup akan bercampur dengan minyak dan persipirasi, yang akan menyumbat kulit dan mencegah pori-pori tersebut mengeluarkan keringat. Ketika makeup menutupi pori-pori, penghalang tersebut akan menghambat keringat untuk sampai ke permukaan kulit dan akhirnya menyebabkan penyumbatan. Sisa-sisa makeup dan bakteri yang terperangkap di dalamnya merupakan asal muasal jerawat, bintik-bintik hitam, iritasi kulit. Perlu diketahui, dengan membebaskan kulit dari makeup saat berolahraga, kamu sama saja melakukan detoksifikasi wajah.

Dandanan amburadul

A “makeup-stache” is not cute! Setiap kali selesai olahraga, terkadang kita mengelap bagian bibir atas dan yikes… jika yang terhapus sebagian besar foundation dan semuanya menempel di tangan dan di handuk putih. Percayalah, dandanan yang berantakan membuatmu terlihat mengerikan. Lebih baik bersihkan semuanya sebelum olahraga dan perlihatkan kulit sehat aslimu. 

Pamerkan kecantikan naturalmu

Yang sering kali kita lupa bahwa kita cantik apa adanya. Terlebih, dengan segala kerja keras selama ini, tidak ada salahnya memperlihatkan kulit sehatmu tanpa dilapisi oleh taburan makeup apapun. Selain itu, rona merah alami yang kamu dapat setelah berolahraga dan membuat wajahmu berkilau, merupakan efek cantik yang tidak bisa dihasilkan bahkan oleh produk mahal sekalipun! 

Jika kamu memang harus menggunakan makeup saat olahraga:

  • Coba gunakan pelembab ringan yang bebas dari minyak karena memang sifatnya tidak terlalu berat. Pastikan untuk membersihkan kulitmu secepat mungkin—sebelum kulit mendingin dan pori-porimu menyempit lagi, yang akan memendam makeup dan sisanya di permukaan pori-pori dan bisa menimbulkan jerawat. Proses pembersihan secepatnya ini juga berlaku saat kamu tidak memakai makeup. Pasalnya, keringat adalah asam alami dan bisa mengganggu keseimbangan pH jika kita menunggu terlalu lama untuk mandi setelah berolahraga.
  • Bila kulitmu cenderung sensitif, gampang memerah dan meruam, pakailah toner atau facial mist dengan anti-inflammatory sebelum berolahraga.
  • Bila berolahraga di luar ruangan, pakailah pelindung sinar matahari yang sehat. Baca baik-baik bahan-bahan di dalamnya untuk memastikan produk tersebut aman bagi kulit. Cara lain adalah mengenakan pakaian yang memiliki SPF untuk menghindari efek samping negatif yang tidak perlu.
Shop From Our Partner Cathaofficial.com