Punya Masalah Kulit? Ketahui Apa Itu Asam Salisilat, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Apa Itu Asam Salisilat, Manfaat, dan Efek Sampingnya
Apa Itu Asam Salisilat, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Woop akan menjelaskan tentang apa itu asam salisilat, manfaat, dan efek sampingnya di sini.

Apakah kamu masih asing dengan asam salisilat? Bagi kamu yang sering mengalami masalah pada kulit, mungkin kamu sedikit tau apa itu asam salisilat. Asam salisilat merupakan obat yang biasanya digunakan untuk mengobati masalah kulit yang disebabkan oleh penebalan atau pengerasan kulit, contohnya kutil, mata ikan, kapalan, atau yang lainnya. Tidak hanya itu, asam salisilat juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Untuk mengenal lebih jauh tentang asam salisilat, Woop akan menjelaskan apa itu asam salisilat, manfaat, dan efek sampingnya.

Tentang Asam Salisilat

Apa Itu Asam Salisilat?

Apa Itu Asam Salisilat?
Apa Itu Asam Salisilat?

Asam salisilat termasuk ke dalam golongan keratolitik. Keratolitik merupakan zat agen yang dapat melunakkan lapisan keratin pada kulit sehingga ia akan menghilangkan kelebihan sel kulit mati yang dihasilkan oleh lapisan epidermis. Zat ini bekerja mengatasi masalah kulit dengan cara membantu pengelupasan sel-sel kulit yang mati, kemudian permukaan kulit yang kasar pun menjadi halus akibat dari proses ini.

Asam salisilat bekerja dengan cara meningkatkan kelembapan kulit sehingga akan mempermudah proses pengelupasan sel kulit mati. Dalam mengatasi jerawat, asam salisilat bekerja dengan cara meredakan peradangan yang biasanya berupa bengkak atau kemerahan serta membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Ada beberapa bentuk sediaan obat dari asam salisilat, seperti berupa cair, salep, gel, larutan, dan krim. Beberapa produk obat dengan kandungan asam salisilat dapat dibeli secara bebas di apotek. Tetapi untuk formulasi dengan kegunaan yang lebih spesifik atau sesuai dengan kondisi kulit masing-masing, dibutuhkan resep dokter sekaligus konsultasi.

Baca juga: Review Vitacid - Jangan Asal Pakai Tanpa Resep Dokter!

Manfaat Asam Salisilat

Asam salisilat dapat digunakan untuk membantu mengatasi kulit yang menebal, keras, atau bersisik. Selain itu, asam salisilat juga bisa mengatasi jerawat, ketombe, seborrhea, psoriasis, kurap, kapalan, dan kutil.

Meski mampu mengatasi kutil di kulit dengan membuatnya terkelupas secara perlahan-lahan, asam salisilat ini tidak dapat digunakan pada kutil di kelamin dan anus, kutil di wajah, kutil di hidung, kutil di mulut, kutil yang ditumbuhi rambut, tahi lalat, dan tanda lahir.

Efek Samping Asam Salisilat

Meski bermanfaat untuk berbagai masalah kulit, asam salisilat ini tentu saja juga memiliki beberapa efek samping, seperti terjadinya iritasi pada kulit atau menimbulkan sensasi terbakar di kulit. Efek samping yang jarang terjadi adalah sulit bernapas, gatal-gatal, tenggorokan tebal, kulit panas, bahkan pingsan.

Asam salisilat disarankan untuk tidak digunakan pada anak di bawah 2 tahun. Asam salisilat ini juga disarankan untuk tidak digunakan tanpa resep dokter pada ibu hamil dan menyusui, penderita diabetes melitus, atau penyakit pada sirkulasi darah lainnya.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu asam salisilat, manfaat, dan efek sampingnya yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Selanjutnya: Jangan sampai kamu salah memilih suplemen pemutih yang justru akan membahayakan diri kamu.