Apa itu Porositas Rambut?

Apa itu Porositas Rambut?
ISTOCK

Salah satu cara menentukan apakah rambut sehat.

Konon rambut adalah mahkota, khususnya untuk para perempuan. Tidak heran segala cara dilakukan untuk mempertahankan kilaunya, mulai dari secara regular mengunjungi salon, mencoba berbagai produk rambut, panik luar biasa saat gejala kerontokan muncul dan memberanikan menguji teknologi terbaru untuk mengembalikan kondisi primanya.

Selain melakukan segala hal tersebut, ternyata ada cara untuk mengetahui apakah rambut kita bisa dimasukkan ke dalam kategori "sehat." 

Biasanya istilah yang kita pakai untuk jenis rambut hanya berupa tipis, tebal, lurus, dan keriting. Namun, sebenarnya banyak istilah yang dipakai untuk menganalisa jenis rambut seperti tekstur, ketebalan, porositas (daya serap), elastisitas (kelenturan), dan pola gelombang. Mungkin akan mudah mengetahui tekstur, ketebalan, kelenturan dan pola gelombang,  tapi bagaimana dengan porositas (daya serap) rambut?

APA ITU POROSITAS RAMBUT?

Mengukur porositas atau daya serap rambut bisa dilihat dari kemampuan rambut dalam menyerap cairan yang diterima. Daya serap rambut menjadi berkurang, diantaranya bisa disebabkan oleh keramas yang berlebihan dan penggunaan alat pengering yang terlalu sering. 

Ada tiga jenis porositas atau daya serap digolongkan menjadi tiga bagian: porositas rendah, sedang, dan tinggi.

Jika memiliki porositas rendah, rambut akan terasa kering, karena tidak bisa menahan banyak kelembaban. Sementara untuk porositas sedang, rambut akan terlihat basah tapi tidak sampai terasa lengket; hanya mengandung sedikit kelembaban. Dan yang terakhir, porositas tinggi, rambut akan sangat terlihat basah dan lengket, karena menyerap dan menahan banyak kelembaban.

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JENIS POROSITAS RAMBUTMU?

Begini caranya. Pertama, jatuhkan satu helai rambut bersih ke dalam segelas air. Jika helai rambut langsung terbenam ke bagian dalam air, artinya rambut memiliki tingkat porositas tinggi. Jika mengapung di tengah, mengindikasi level normal. Dan jika mengambang di bagian atas dan butuh waktu untuk tenggelam, berarti rambutmu memiliki tingkat porositas yang rendah. 

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?