Apa saja yang Harus Kamu Ketahui Tentang Diet Keto?

Apa saja yang Harus Kamu Ketahui Tentang Diet Keto?
ISTOCK

Sebelum kamu ingin mengikuti tren diet keto. Woop menyarankan kamu untuk membaca artikel di bawah ini dengan seksama. 

Pernah dengar tentang diet keto? Atau kamu pernah mengikuti diet tersebut? Yep, beberapa tahun belakangan ini diet keto atau ketogenik sangat populer di masyarakat. Diet yang mengurangi karbohidrat dan memperbanyak lemak untuk dikonsumsi ini dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. Hmm, bagaimana bisa? Jadi, apa sebenarnya diet ketogenik itu?

“Diet ketogenik adalah pengaturan pola makan dengan asupan karbohidrat yang sangat rendah yaitu kurang dari 10%. Normalnya, sekitar 50 sampai 60%. Asupan sisanya digantikan dengan lemak dan protein,” kata dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi., Sp.GK., seorang dokter spesialis gizi klinis dari RS Hermina Jatinegara dan RSPI Puri Indah, Jakarta.

Diet keto dipercaya mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Sebenarnya, apa manfaat diet keto?

“Diet keto memiliki manfaat untuk mengendalikan epilepsi, menurunkan berat badan, dan mengontrol gula darah,” jawabnya.

Meskipun banyak manfaat yang bisa kita ambil, diet keto juga memiliki kekurangan.

“Badan akan mengalami ketosis (penggunaan energi menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama). Jika terlalu banyak keton dalam tubuh, dapat menyebabkan dehidrasi dan senyawa kimia darah jadi tidak seimbang. Selain itu, dapat menyebabkan komplikasi pada hati, ginjal, hingga lemak darah,” ungkap Raissa.

img

Adapun makanan yang harus dihindari oleh kamu yang menjalankan diet keto, seperti hindari lemak dari gorengan, daging kemasan, mentega dan junk food. Hindari juga daging yang berlemak banyak.

Jika kamu ingin menjalankan diet keto, Raisa menyarankan untuk menghindari kesalahanan-kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. “Karena diet ini mengutamakan lemak dan protein, biasanya orang-orang menjalankan tanpa memperhatikan apakah makanan yang dikonsumsi sehat atau tidak. Misalnya, karena boleh makan lemak, maka seseorang jadi makan lemak dan protein tanpa kendali. Padahal penting diperhatikan, pilihlah lemak yang tidak jenuh seperti minyak zaitun, canola, almond, atau alpukat. Untuk protein, kamu bisa memilih daging yang lean meat atau yang tanpa lemak,” ujarnya.

Selanjutnya: gemuk tapi sehat? Mungkin tidak sih? Jawabannya ada di sini