Apa yang Akan Terjadi Saat Tidur dengan Makeup Masih Menempel di Kulit?

Apa yang Akan Terjadi Saat Tidur dengan Makeup Masih Menempel di Kulit?
ISTOCK

Serem. Ngeri. Horor.

Kita pasti tahu bahwa harus mencuci wajah sebelum tidur—tapi bukan berarti mau. Apalagi saat mata dan tangan sudah tidak mau diajak kompromi untuk ke kamar mandi dan menyentuh air. Ketika pilihannya tidur atau membersihkan wajah, pemenangnya seringkali adalah yang pertama. Lagian hal terburuk apa sih, yang bakal terjadi? 

daihatsu banner

“Pemakaian makeup saat tidur sangat tidak direkomendasikan,” tegas dr. Astrid L. Harianto, M. Kes, Sp.KK., dari RS St. Anna, Kendari, Sulawesi Tenggara. Ia melanjutkan, “karena akan menutup pori-pori wajah kita, sehingga pembentukan komedo lebih mudah. Hal ini akan berujung terjadinya pembentukan acne atau jerawat.”

Ah, jerawat, salah satu kondisi wajah yang ditakuti oleh banyak orang—ini sepertinya akan membuat matamu tiba-tiba melek.

“Iya, maka sebab itu sangat dianjurkan sebelum tidur untuk melakukan pembersihan wajah dari makeup. Kamu bisa memulainya dari mengaplikasikan susu pembersih atau milk cleansing, dan dilanjutkan dengan cairan facial cleanser. Kemudian, lanjut dengan menggunakan toner ataupun penyegar wajah,” jelasnya.

Dan, “pastikan memberikan asupan krim pada kulit agar tetap lembab serta cerah ataupun glowing pada malam hari. Karena pada malam hari, selain tubuh kita yang beristirahat, sel kulit wajah juga ikut beristirahat untuk menyerap nutrisi, sehingga keesokan harinya, saat bangun dari tidur, wajah terlihat cerah dan segar di pagi hari,” tambah Astrid.

Selain jerawat, ada beberapa masalah yang terjadi pada kulit ketika memakai makeup saat tidur. 

1. Sel kulit akan rusak

Makeup yang dipakai seharian sudah terkena polusi dan radikal bebas (apalagi buat kamu yang bekerja menggunakan transportasi umum). Hal ini yang akhirnya bisa merusak sel kulit, termasuk kolagen.

2. Kulit akan menjadi kusam

Sebagus atau semahal apapun makeup-mu, tetap saja akan menyebabkan kulit kusam saat tidak dilepaskan, dibersihkan sebelum tidur. Jika keinginanmu adalah memiliki kulit bersih, sehat dan bersinar, lupakaaan... kalau malas membersihkan kulit. 

3. Penuaan Dini

Tua itu pasti, tapi bagaimana caranya agar bisa dinikmati dan datang tepat pada waktunya. Jika makeup masih menempel di wajah saat tidur, bahan-bahannya akan menyumbat pori-pori dan mengeringkan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kemerahan dan keriput mulai terlihat padahal masih berumur 25 tahun! 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com