Apakah Kita Memang Perlu Membersihkan Wajah di Pagi Hari?

Apakah Kita Memang Perlu Membersihkan Wajah di Pagi Hari?
ISTOCK

Malam saja, ya? Boleh, ya?

Selain mengecek ponsel dan media sosial, minum air putuh, sarapan, apakah yang katanya penting dilakukan setiap pagi? Yep... membersihkan wajah. Meskipun ada beberapa temanmu (atau kamu) mungkin yang menganggap bahwa, "Ah, nggak penting ah, yang penting itu malam hari, sebelum tidur." Daripada kita berdebat panjang kali lebar kali tinggi dan tidak ada solusinya, lebih baik Woop bertanya kepada ahli.

"Pandangan yang salah jika tidak melakukan pembersihan wajah setiap harinya. Lakukanlah setiap pagi dan malam," kata Juliana Yu, MD. H, NH., seorang ahli kosmetikologis, dermatologis, dan nutritionis. "Saat malam, kita tidur, 5 sampai 7 jam, di sana tubuh melakukan detoksifikasi sesuai dengan fungsi masing-masing," lanjutnya. 

Namun, kita rajin banget kok membersihkan wajah setiap malam. Bahkan apapun yang terjadi—meski saat mata sudah nyaris tidak bisa dibuka—tetap saja kita melakukannya. Memangnya masih kurang, ya?

“Kurang!” jawab Juliana tegas. “Sekarang saya mau tanya: kamu pernah nggak batuk-batuk secara tiba-tiba saat tidur?' Pasti pernah! Akibat batuk tersebut, minyak akan timbul di wajah, bahkan buat yang berkulit kering juga,” lanjutnya.

Di dalam sebuah artikel di Instyle.com, Dr. Melanie Palm, MD, MBA., seorang dermatologis menyebutkan tiga alasan kenapa kita harus mencuci muka setiap pagi:

1. Membersihkan "sampah" yang menumpuk di wajah

Percaya atau tidak, kulit bisa mengumpulkan kotoran-kotoran dan menyerapnya pada saat kamu tidur. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencuci muka setiap pagi. Menurut Dr. Melanie, “Sel-sel kulit mati dan kotoran bisa terkumpul di sarung bantal dan bisa dengan mudah menempel di wajah. Sirkulasi udara (baik itu dari kipas, AC dan lainnya) juga bisa mengeluarkan debu, jamur yang bisa menempel di kulit wajah semalaman.”

2. Menghilangkan minyak dan iritasi kulit

Yep, seperti yang sudah dikatakan Juliana di atas, minyak bisa menumpuk di kulit semalaman sehingga wajah perlu dibersihkan setiap pagi.

3. Membuat wajah bersinar