Apakah Kulit Juga Bisa Stres?

Apakah Kulit Juga Bisa Stres?
ISTOCK

Apa penyebabnya?

Konon katanya, kulit juga bisa stres. Benarkah? "Istilah stres kulit sebetulnya agak kurang tepat, ya," kata Dr. Eddy Karta, SpKK., seorang ahli kulit. "Kita harus tahu dulu, definisi stres itu apa," lanjutnya. "Stres adalah keadaan yang dialami semua sistem organ dalam tubuh akibat aktivasi terus menerus jalur neurohormonal, yaitu karena beban pikiran terjadi pelepasan zat-zat oleh otak yang oleh aliran darah dibawa ke seluruh badan.”

Oh, begitu! Jadi sebenarnya, apa yang terjadi pada kulit? “Akibat jalur neurohormonal terjadi peningkatan hormon kortisol yang memacu aktivitas kelenjar minyak pada kulit sehingga menyebabkan beberapa masalah kulit,” jelas Eddy.

Dan tanda-tandanya... “Akan mudah timbul jerawat, ketegangan saraf juga terbukti memicu pelepasan histamin yang merupakan mediator alergi, sehingga kulit bisa bentol-bentol dan gatal-gatal,” lanjutnya.

Adakah cara terbaik untuk mengatasinya? Eddy menjawab: “Kamu harus memiliki manajemen stres yang baik. Caranya ialah dengan teknik relaksasi, visualisasi positif, aromaterapi, massage, musik, dan traveling.” Dengan melakukan beberapa hal tersebut, tubuh akan menjadi santai, stres berkurang, dan kulit pun terhindar dari masalah-masalah yang tidak perlu. 

Dan seperti kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, sebelum terjadi lebih baik... tidak terjadi. "Yang pasti, tetap bersihkan dan rawat kulit saat sedang ‘stres’. Bersihkan kulit dari kelebihan minyak dan kotoran, hindari pemakaian produk wajah yang abrasif atau keras atau prosedur wajah invasif ketika stres, karena peningkatan histamine menyebabkan reaksi hipersensitif atau kulit mudah meradang dan merah. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, karena radiasi matahari terbukti memperparah gangguan sistem imun pada kulit yang sedang stres. Yang terakhir, gunakan masker yang bersifat menenangkan dan mendinginkan seperti green tea, aloe vera, mentimun, pada malam hari sebelum tidur," Eddy menyarankan. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com