Aturan Makan yang Bisa Menyelamatkan Hidupmu dari Nyeri Haid

Aturan Makan yang Bisa Menyelamatkan Hidupmu dari Nyeri Haid
ISTOCK

Stop! Simpan kembali soda ke kulkas dan ambil brokoli sebagai gantinya!

Sering mengalami rasa sakit yang tidak nyaman menjelang dan ketika menstruasi? Nyeri dan perut yang kaku tak bisa dianggap sepele. Jika sudah begini, jangan sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Ada makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari ketika teman bulanan datang – dan ada pula, makanan yang dapat membantumu melalui hari-hari derita dengan lebih nyaman.

  • Hindari makanan ini:

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi manis seperti soda, berkontribusi membuat perutmu kembung. Minumlah air putih sebagai gantinya, karena menambah asupan air akan benar-benar mengurangi bloating dan meningkatkan cadangan cairan dalam tubuh.

Makanan olahan

You know what else contributes to bloating? Makanan tinggi natrium. Makanan olahan, seperti nugget, biskuit, dan lain-lainnya adalah sumber terbesar dari natrium dalam konsumsi makanan sehari-hari. Hindari apa pun jenis makanan olahan, dan kamu akan menjaga asupan garam dan ukuran perut.

Gorengan

Kurangi makanan yang mengandung lemak trans, yang meningkatkan kadar estrogen, untuk mengurangi rasa sakit selama masa menstruasi.

Kacang-kacangan

Kacang merah, kacang polong, buncis, dan kacang-kacangan semua menyebabkan kembung. Keep them away from your plate to stay out of discomfort.

Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak memiliki efek yang kuat pada aktivitas hormon dalam tubuh. Seperti lemak trans, lemak jenuh dapat berkontribusi pada period pain dan peradangan. Hindari daging berlemak dan susu untuk menjaga asupan lemak tetap seimbang, yang juga mengatur kadar estrogen.

  • Kamu harus makan ini:

Kale

Ketika kamu sedang menstruasi, kadar zat besi dapat menurun. Pilih sayuran hijau seperti bayam, kale, kangkung, dan Swiss chard untuk mengisi pasokan zat besi tubuh.

Jeruk

Mengonsumsi kalsium mengurangi perasaan depresi dan kecemasan. Vitamin D mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Bersama-sama, kalsium dan vitamin D menangkal gejala PMS. Tingginya kadar kalsium juga dapat meringankan kram dan nyeri, dan bertindak sebagai relaksan otot. Temukan kombinasi kalsium dan vitamin D dalam varian buah jeruk seperti jeruk manis, lemon dan limau.

HALAMAN
12