Sariawan Mengganggu? 7 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Obat Sariawan di Rumah

Sariawan Mengganggu? 7 Bahan Ini Dapat Jadi Obat Sariawan
7 Obat Sariawan Alami (yourdentistryguide.com)

Timbulnya sariawan di dalam mulut memang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Simak obat sariawan alami ini!

Penyakit sariawan memang kerap menjadi salah satu penyakit yang terbilang sepele, namun memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Sariawan kerap timbul di bagian dinding mulut, gusi, hingga lidah sekalipun. Banyak faktor yang menyebabkan kemunculan sariawan tersebut, seperti akibat dari ketidaksengajaan kita dalam mengunyah yang menyebabkan bagian dinding di dalam mulut tergigit dan terluka.

Tak sedikit produk obat dalam kemasan yang muncul guna menghilangkan penyakit sariawan tersebut. Meskipun terlihat instan, semudah meneteskan cairan kepada bagian yang sariawan, nampaknya tak semua obat sariawan kemasan dapat cocok digunakan oleh setiap orang. Jika kamu orang yang tidak terbiasa gunakan produk yang instan, maka beberapa bahan alami ini juga bisa dijadikan obat sariawan lho!

Terkait hal tersebut, Woop telah rangkum bahan serta cara alami yang dapat dijadikan sebagai obat sariawan di rumah. Yuk, catat bahan-bahannya!

Daftar Bahan Alami Atasi Sariawan

1. Lidah Buaya

Obat Sariawan Alami - Lidah Buaya
Obat Sariawan Alami - Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki sejuta kegunaan, baik dalam kesehatan maupun dalam kecantikan. Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat sariawan alami, lantaran kandungannya yang dapat meredakan iritasi pada bagian sariawan. Tak hanya meredakan iritasi, lidah buaya juga dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sariawan. Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya ke bagian sariawan di dalam mulut.

2. Madu

Obat Sariawan Alami - Madu
Obat Sariawan Alami - Madu

Tak hanya lidah buaya, madu pun kerap memiliki khasiat yang banyak dan baik untuk tubuh. Madu diketahui diperkaya dengan kandungan anti-bacterial dan anti-inflammantory yang mampu menghilangkan sariawan. Madu sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit pada sariawan, memperkecil bagian sariawan, serta kemerahan yang ditimbulkan oleh sariawan.

3. Minyak Kelapa

Obat Sariawan Alami - Minyak Kelapa
Obat Sariawan Alami - Minyak Kelapa

Hasil penelitian menunjukan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan antimikroba atau pengobatan dalam infeksi. Kandungan tersebut memungkinkan untuk menghilangkan sariawan pada mulut yang disebabkan oleh bakteri, juga mencegah penyebaran bakteri. Tak hanya itu, minyak kelapa juga merupakan sebagai salah satu anti-inflammatory yang alami dan dapat meredakan kemerahan dan juga nyeri.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

4. Cuka Apel

Obat Sariawan Alami - Cuka Apel
Obat Sariawan Alami - Cuka Apel

Apple cidar vinegar atau disebut dengan cuka apel itu kerap didambakan lantaran khasiatnya. Di dalamnya diperkaya dengan acetic acid atau asam yang ampuh menahan munculnya bakteri sekaligus merawat kesehatan mulut, yang juga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami.

5. Air Garam

Obat Sariawan Alami - Air Garam
Obat Sariawan Alami - Air Garam

Khasiat air garam cukup terkenal baik untuk kesehatan tubuh, seperti menghilangkan rasa sakit pada gigi dan juga menghilangkan rasa sakit pada sariawan serta sariawan itu sendiri. Obat sariawan alami ini mungkin terbilang menjadi salah satu cara yang paling menyakitkan, namun air garam ampuh mengeringkan bagian sariawan yang diikuti oleh penghilangan sariawan.

6. Yogurt

Obat Sariawan Alami - Yogurt
Obat Sariawan Alami - Yogurt

Yogurt diketahui dapat menjadi obat sariawan alami. Meskipun belum diketahui penyebab dari sembuhnya sariawan atas yogurt, namun beberapa di antaranya disebabkan oleh adanya kandungan Helicobacter pylori yang dapat mengurangi bakteri sekaligus peradangan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa yogurt ampuh dalam menghilangkan peradangan ataupun bakteri pada penyakit pencernaan, hal tersebut juga dikaitkan dengan kemampuan yogurt untuk menghilangkan sariawan.

7. Air Baking Soda

Obat Sariawan Alami - Baking Soda
Obat Sariawan Alami - Baking Soda

Baking soda diketahui dengan kandungan kadar asam yang dapat mengurangi peradangan. Hal tersebut kabarnya dapat digunakan sebagai obat sariawan dalam menyembuhkan sariawan. Kamu bisa gunakan campuran air dengan baking soda sebagai obat kumur mulut.

Nah, itu lah ketujuh bahan alami yang bisa kamu temukan dan gunakan di rumah. Bahan-bahan di atas ampuh dalam kurangi hingga hilangkan sariawan lho! Selamat mencoba Woop Ladies!

Selanjutnya : 

Jarang Di Sadari, Ketahui 7 Gejala Menopause Ini!

Sudah Injak Usia 35 Tahun? Pahami Gejala Perimenopause Ini!

Jangan Biarkan Bercak Putih Hidup Pada Kulit! Nih, Simak 6 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Hindarinya

Loading Facebook Comment ...