Rambut Alami Kebotakan? Gunakan 7 Bahan Alami Ini Sebagai Penumbuh Rambut di Rumah

Rambut Alami Kebotakan? Cek Bahan Penumbuh Rambut Alami Ini!
Bahan Penumbuh Rambut Alami

Kebotakan merupakan hal yang wajar untuk dialami oleh setiap orang. Baca yuk, cara-cara menumbuhkan rambut dengan bahan alami!

Rambut merupakan sebuah mahkota bagi tubuh bagian kepala lantaran peranan yang penting bagi tubuh. Rambut berperan penting dalam menlindungi kepala dari berbagai benturan. Tak hanya memiliki peran sebagai pelindung kepala, rambut juga berperan penting dalam penampilan kita.

Masalah pada rambut pun kerap menghantui kita. Ya, kerontokan pada rambut merupakan masalah rambut yang cukup serius. Tidak dapat disepelekan, kerontokan rambut yang terus menerus terjadi akan menimbulkan kebotakan dini pada rambut. 

Berbagai produk sebagai penumbuh rambut pun tak jarang ditemukan di berbagai toko. Mulai dari shampoo, conditioner, hingga masker rambut pun tersedia khusus untuk rambut yang rontok. Meskipun terdengar simpel, beberapa produk tersebut tidak menutup kemungkinan untuk dapat membuat rambut tambah rontok.

Untuk mengatasi rambut yang mulai alami kebotakan, kamu bisa gunakan bahan alami sebagai penumbuh rambut yang bisa kamu lakukan di rumah. Penasaran bahan apa saja yang berguna sebagai penumbuh rambut? Berikut Woop rangkum 7 bahannya!

Bahan-bahan Penumbuh Rambut Alami

1. Minyak Rosemari

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Minyak Rosemari
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Minyak Rosemari

Rosemari merupakan salah satu minyak essential utama yang dipilih oleh kebanyakan orang sebagai penumbuh rambut dan juga untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Minyak rosemari berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa gunakannya sesering yang kamu inginkan dengan menuangkan beberapa tetes minyak rosemari ke dalam shampoo atau conditioner dalam penggunaan sehari-hari. Perlu dicatat, bahwa penggunaan langsung minyak ini ke kulit kepala tanpa campuran shampoo ataupun conditioner dapat menyebabkan masalah kulit rambut lainnya, seperti ketombe.

2. Cuka Apel

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Minyak Rosemari
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Cuka Apel

Khasiat dari cuka apel memang tidak perlu diragukan lagi. Cuka apel diketahui baik untuk tubuh, salah satunya baik untuk penumbuh rambut secara alami. Cuka apel setara dengan tingkat keasaman yang terdapat di kulit kepala dan dapat menghilangkan kuman yang mungkin menghalangi pertumbuhan rambut. Selain itu, cuka apel juga mampu merangsang sirkulasi pada kulit kepala, sehingga memudahkan rambut untuk cepat bertumbuh. Kamu bisa gunakan cuka apel sesudah penggunaan shampoo dengan memijat kulit kepala selama 2 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Lidah Buaya
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki khasiat yang cukup banyak terhadap kesehatan tubuh. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya pada kulit kepala untuk menghilangkan kekeringan pada kulit kepala dan juga untuk menyetarakan tingkat keasaman pada kulit kepala. Hal tersebut tentu akan membantu sebagai penumbuh rambut.

Baca juga : 7 Rekomendasi Masker Rambut Terbaik Agar Rambut Tetap Sehat

4. Kopi

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Kopi
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Kopi

Tak hanya ampuh untuk membuat mata melek, namun kopi juga memiliki kegunaan dalam merawat rambut rontok dan juga kebotakan. Keefektifan yang terkandung dalam kafein dapat mendorong pertumbuhan rambut. Hal tersebut kabarnya telah diuji kebenarannya oleh para peneliti, bahwa kafein dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Kamu bisa gunakan kopi sebagai masker rambut.

5. Kuning Telur

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Kuning Telur
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Kuning Telur

Telur diketahui kaya akan protein, juga baik untuk kesehatan tubuh bagian luar seperti pada rambut. Protein yang berlimpah dalam kandungan telur dapat membantu dalam pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Tak hanya mampu sebagai penumbuh rambut, telur juga diketahui dapat melembutkan dan mengkilapkan rambut. Kamu bisa menggunakan masker telur dua minggu sekali.

6. Bawang Bombay

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Bawang Bombay
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Bawang Bombay

Bawang bombay diketahui dapat meregenerasikan akar rambut, dan dengan mencampurkannya dengan tetesan madu, maka kedua campuran bahan tersebut akan menjadi campuran yang tepat dalam merawat rambut yang rontok. Menggunakan campuran ini kepada bagian rambut yang botak akan membantu sebagai penumbuh rambut. Kamu bisa gunakan bawang bombay yang telah dihancurkan dengan mencampurkan madu ke kulit kepala menggunakan kapas dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas rambut dengan shampoo hingga bersih.

7. Jahe

Bahan Penumbuh Rambut Alami - Jahe
Bahan Penumbuh Rambut Alami - Jahe

Jahe mengandung senyawa bioaktif yang mampu merangsang sirkulasi kepada kulit kelapa dan memperbarui sel pada rambut. Kamu bisa gunakan parutan jahe dengan caampuran minyak zaitun, kemudian kamu bisa berikan sedikit pijatan ke kulit kepala sealam 2-3 menit dan diamkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan shampoo hingga bersih.

Itu lah ketujuh bahan yang dapat kamu gunakan sebagai penumbuh rambut yang alami dalam mengatasi kebotakan dini pada rambut. Selamat mencoba Woop Ladies!

Selanjutnya: Bruntusan di jidat memang sangat mengganggu penampilan kita. Namun, bruntusan tersebut nyatanya bisa dihilangkan secara alami loh!

Loading Facebook Comment ...