Banner

Bedak Tabur atau Padat: Mana yang Lebih Cocok untuk Kulit Wajah?

Bedak Tabur atau Padat: Mana yang Lebih Cocok untuk Kulit Wajah?
WOOP.ID

"Tergantung," kata dokter ini.

Saat kecil, di setiap sehabis mandi, ibu selalu memberikan bedak ke seluruh bagian tubuh kita. Sampai terkadang, kita menjelma seperti badut yang habis berdandan. Saat sudah dewasa pun, bedak masih dipakai. Bedanya: waktu kecil seperti merasa "dipaksa", sekarang (bagi beberapa orang) tidak bisa keluar rumah sebelum membubuhkannya sedikit di wajah. Namun, dengan adanya perdebatan tentang bahaya bedak terhadap kesehatan kulit, mau tidak mau muncul pertanyaan: benarkah tidak dianjurkan? Atau bedak apa yang harus kita harus pilih?

Dr. Eddy Karta, SpKK., seorang dermatovenerologist (ahli kesehatan kulit) mengatakan: “Bahaya dalam bedak biasanya jarang, karena formula yang terkandung di dalamnya bisa dibilang ringan dan tidak terlalu menyerap di kulit. Alergi ataupun iritasi pun jarang dialami," jawabnya. Meskipun begitu Eddy mengatakan bahwa bedak memang mempunyai efek samping, "terutama jika memakai bedak yang terlalu tebal dengan waktu yang cukup lama akan terjadi break out atau pori-pori tersumbat, komedo, atau jerawat pun muncul.”

Selama ini yang kita tahu ada dua jenis bedak yang tersedia di pasaran, yakni bedak tabur dan padat. Namun, banyak yang menyebutkan bahwa bedak padat tidak terlalu baik dibandingkan dengan bedak tabur. “Sebetulnya tergantung tujuan pemakaian yang diharapkan, dan tentunya jenis kulit," jelasnya meluruskan. "Kulit berjerawat atau berminyak umumnya tidak cocok dengan bedak padat. Kulit berwarna biasanya sudah tampak segar dengan bedak tabur, sementara kulit yang lebih pucat atau ingin tampil dalam acara khusus akan memilih bedak padat karena lebih banyak kandungan pigmen warna di dalamnya.”

Menurut Eddy cukup gampang mengenali apakah sebuah bedak baik untuk kulit. "Bedak tersebut mengandung banyak mineral alami dan sedikit chemical dye, pengawet, paraben, dan parfum. Karena bahan-badan ini bisa menyebabkan iritasi dan jerawat pada kulit seseorang dengan faktor predisposisi." 

Sebagai acuan, di bawah ini Eddy memberikan beberapa tips untuk memilih bedak yang tepat dan menjaga kesehatan kulit wajah. 

(-) Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit, warna kulit. Bedak jenis loose powder lebih cocok untuk kulit berminyak, sedangkan jenis compact powder lebih cocok untuk kulit kering. Perhatikan juga bahan seperti zinc yang bisa mengurangi kelebihan minyak. Sementara hyaluronic acid dan silica bertujuan menambahkan kelembaban kulit.

(-) Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan benar sebelum tidur di malam hari. Terkadang membersihkan wajah harus melewati beberapa tahap, mulai dari cleansing milksoapskin brush, dan diakhiri dengan toner. "Tergantung ketebalan dan kelekatan bedak dan makeup yang dipakai."

(-) Perhatikan bahan-bahan berkhasiat dalam bedak, misalnya vitamin C sebagai antioksidan, dan titanium dioxide yang bisa menjadi tabir surya, dan berkhasiat melindungi kulit.