Bekas Jerawat Bikin Malu? Ini Cara Terbaik Mengobatinya!

Bekas Jerawat Bikin Malu? Ini Cara Terbaik Mengobatinya!
ISTOCK

Punya bekas jerawat yang sulit dihilangkan? Jangan pesimis dulu, karena ini cara mengobatinya yang benar menurut dokter

Lupakan film horor dan Halloween—bekas-bekas luka jerawat bisa membuatmu (ingin) teriak histeris setiap kali berdiri di depan kaca. Jika makeup Halloween sudah pasti bisa dihilangkan dan tidak berbekas lama (ingat untuk mencoba pembersih wajah ini), maka bekas luka jerawat arghh.... ahh.... (baca: susah dihilangkan). 

“Jerawat yang dapat menimbulkan bekas luka biasanya adalah jerawat yang meradang,” kata dr. Listya Paramita, sp.KK., dari Elshéskin Clinic, Yogyakarta, kepada Woop.

Jadi, tidak semua jerawat sama.

“Semakin hebat radang yang terjadi atau makin lama radang pada jerawat terjadi, atau makin sering terjadi (jerawat yang meradang) akibatnya akan meningkatkan risiko terjadinya scar acne. Scar acne juga dapat terjadi pada jerawat meradang yang sering dipencet-pencet atau dikeluarkan isinya.”

Ah, kehororan yang terjadi di wajahmu akibat bekas jerawat, ternyata... salah satunya adalah berkat tangan-tanganmu yang gatal. 

Sedikit kronologi terbentuknya bekas jerawat: “Acne scar terbentuk akibat adanya proses penyembuhan luka yang tidak sempurna dan terbentuknya jaringan fibrosis di bawah kulit. Akibatnya, terjadi kerusakan struktur kulit, sehingga strukturnya dan tekstur kulit akan berbeda dari kulit normal yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Dokter Listya, ada empat tipe scar acne yang harus diwaspadai yaitu: 

1. Ice Pick Scar

Bentuknya bisa seperti bulatan kecil atau lubang oval, seperti bekas luka cacar air. Ini adalah luka yang paling sulit diobati karena mencapai bagian kulit dalam. 

2. Boxcar Scar