Benarkah Sarapan Pizza Lebih Sehat dari Semangkok Sereal?

Benarkah Sarapan Pizza Lebih Sehat dari Semangkok Sereal?
Shutterstock
Benarkah Sarapan Pizza Lebih Sehat dari Semangkok Sereal?

Apa kamu selalu memilih sereal untuk sarapan? Katanya pizza (yang termasuk junk food) lebih sehat lho, benarkah? 

Tidak kah lucu mendengar bahwa pizza bisa lebih sehat daripada sereal? Namun sekarang ahli gizi mengatakan kalau ini berdasarkan penelitian tertentu yang membandingkan kandungan gizi pizza dan sereal.

Kapan terakhir kali kamu mendengar kata pizza dan sehat secara bersamaan? Jawabannya pasti tidak pernah. Fakta ini agak sulit untuk dicerna tapi siapa yang tidak ingin beberapa potong pizza di pagi hari jika itu benar-benar sehat? Apakah kamu kini berpikir untuk mengganti roti dengan pizza? 

img

Sebagian besar sereal dikemas dengan lapisan gula yang membuatnya menjadi pilihan tidak sehat untuk sarapan. Semangkok sereal berwarna-warni mungkin akan memikatmu namun sereal yang dilapisi gula itu sebenarnya bukan sesuatu yang bisa membuatmu lebih kenyang maupun sehat.

Jika kamu selalu bergantung pada serpihan manis untuk makanan pertama memulai hari, coba lebih baik memikirkannya lagi. Satu cangkir sereal Raisin Bran--misalnya—mengandung 18 gram gula.

Ironisnya, semangkok sereal dengan susu murni serta sepotong pizza memiliki jumlah kalori yang sama. Meskipun pizza bukanlah pilihan paling sehat untuk dipertimbangkan sebagai sarapa, tapi lebih baik dibandingkan semangkok sereal berlapis gula.

Untuk memulai hari yang lebih bersemangat, kamu membutuhkan sejumlah protein—yang dikemas dalam sepotong pizza. Jadi sekarang, apa kamu ingin mempertimbangkan sisa pizza dari Minggu malam sebagai pilihan sarapan pada esok harinya?

Sereal juga tinggi karbohidrat yang membuat mereka lebih sulit dicerna. Namun membandingkan sereal dengan pizza sebenarnya juga sangat tergantung pada jenis pizza atau sereal yang kita bicarakan.

Bagaimana membuat pizza lebih sehat?

Terlepas dari kenyataan bahwa sepotong pizza lebih sehat daripada semangkok sereal, pizza berisi keju dan topping yang tidak sehat juga tak masuk dalam prioritas sarapanmu. Jadi, kamu bisa membuat pizza sehat di rumah dengan mengurangi jumlah keju.

Gunakan alas yang panas dan atasnya ditaburi sayuran serta daging tanpa lemak. Untuk rasa, kamu bisa melapisi dasarnya dengan saus atau kecap pizza dalam jumlah yang cukup

Masih ingin semangkok sereal atau beralih ke pizza buat sarapan?

Selanjutnya: ini lima keuntungan menjadi perempuan jomblo. Jadi, tidak perlu malu atau minder ya. Baca di sini ulasannya.