Jangan Sampai Kebablasan! Berapakah Berat Badan Ideal Saat Ibu Sedang Hamil?

Berapakah Berat Badan Ideal Saat Ibu Sedang Hamil?
Berat Badan Ideal Saat Ibu Sedang Hamil

berat badan ideal sangat penting untuk kesehatan Ibu dan bayi yang dikandung, bagaimana menentukan berat badan ideal saat hamil?

Kenaikan berat badan setiap ibu hamil memang tidak semuanya sama, berat badan ideal saat hamil sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Perlu diketahui bahwa kenaikan berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Itulah sebabnya ibu hamil harus mengawasi laju pertambahan berat badan mereka. 

Saat hamil, berat badan ideal dicapai dengan memperhatikan kenaikan berat badan total hingga akhir trimester tiga saat bayi akan dilahirkan. Bagaimana menentukan kenaikan berat badan yang ideal pada ibu hamil? 

Berat Badan Ideal Saat Ibu Sedang Hamil

1. Anjuran peningkatan berat badan per trimester kehamilan 

Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Ideal
Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Ideal
  • Trimester I: 1–2,5 kg per 3 bulan.
  • Trimester II: pertambahan berat badan rata-rata 0,35–0,4 kg per minggu.
  • Trimester III: pertambahan berat badan 1 kg per bulan.

Namun, pada trimester ini pertambahan berat badan janin rata-rata 200 gram per minggu. Mulai minggu ke-28 hingga akhir kehamilan, berat badan Anda akan bertambah sebanyak 4–5 kg.

Selama kehamilan, ibu harus menjaga asupan makanan bergizi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika ibu makan berlebihan hingga membuat kenaikan berat badan melebihi anjuran dokter, ini dapat berisiko pada kehamilan itu sendiri.

Baca Juga: Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Pasca Melahirkan

2. Tips sehat untuk menaikkan berat badan selama kehamilan

Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Makanan Sehat
Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Makanan Sehat
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi secara teratur.
  • Makan dalam porsi kecil namun lebih sering (sekitar 5-6 kali sehari).
  • Berikan kalori tambahan pada makanan yang dikonsumsi, misalnya menambahkan keju pada makanan, selai kacang pada roti, atau susu pada sereal.
  • Selalu sediakan makanan ringan, seperti biskuit, buah kering, kacang-kacangan, biji- bijian, dan yoghurt.

3. Berat Badan Pasca kehamilan

Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Pasca Melahirkan
Berat Badan Ideal Ibu Hamil - Pasca Melahirkan

Tidak perlu diet, cara termudah dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi “kalori kosong”. Makanan dengan kalori kosong adalah makanan yang penuh dengan lemak dan gula, namun tidak mengandung nutrisi yang baik untuk Anda. Coba hindari kue, cookies, dan minuman manis seperti soda dan alkohol, serta kurangi konsumsi junk food seperti pizza dan burger. Tidur yang cukup juga sangat diperlukan, minum air putih yang banyak, dan tidak dipungkiri salah satu caranya yaitu dengan menyusui bayi kalian karena dapat membakar ratusan kalori perhari. 

Gimana Woop Ladies? sudah siapkah kalian mengkontrol berat badan di masa kehamilan? 

Selanjutnya: Beauty Junkie Wajib Punya! Ini 7 Produk Makeup Terpopuler di Tahun 2019

Loading Facebook Comment ...