Berita Bagus: Titik-Titik Hitam di Wajahmu Bisa Dihilangkan (Dan Dicegah)

Berita Bagus: Titik-Titik Hitam di Wajahmu Bisa Dihilangkan (Dan Dicegah)
ISTOCK

We are all ears.

Kamu sehat? Kok banyak titik hitam di wajahmu?

Oh, oh jangan buru-buru menundukkan diri dan minder. Tarik nafas dan katakan: segala sesuatu ada solusinya. Dan Woop akan membantumu dengan senang hati menanyakan perihal dark spots ini dan solusinya kepada dr. Ruri D. Pamela, Sp.Kk., seorang dermatolog dari Departemen Kulit RS dr. Suyoto, Jakarta.

SEBENARNYA APA ITU DARK SPOTS?

Dark spots adalah istilah awam untuk semua bercak-bercak berwarna gelap yang umumnya timbul di kulit wajah. Dark spots sendiri dalam istilah dermatologi bisa berupa berbagai kondisi gangguan pigmen yang mengganggu. Misalnya, birth mark, melasma, keratosis seboroik, dan lentigo,” jawab Dokter Ruri. 

MENGAPA DARK SPOTS TIDAK SOPAN DAN TAHU-TAHU MUNCUL DI WAJAH?

“Banyak faktor yang bisa mempengaruhi, paling banyak akibat sinar matahari, lalu bisa karena pemakaian hormon kontrasepsi, karena cosmetic abuse, karena didahului peradangan. Namun faktor genetik (keturunan) umumnya ikut menentukan apakah seseorang mudah mengalami dark spots atau tidak,” jelasnya. Dan, “dark spots bisa timbul mulai dari usia 20-an sampai di atas 50 tahun,” lanjut Ruri.

DUA PULUH TAHUN? SEMUDA ITU? OK, APAKAH BISA DIHILANGKAN? 

Dark spots bisa dipudarkan dengan berbagai pilihan treatment, semua disesuaikan dengan usia, gaya hidup, kepatuhan berobat, dsb. Pengobatan dark spot tergantung dari jenis gangguan pigmennya,” jelasnya. Pada dasarnya, kunjungi dokter kulit kepercayaanmu. 

SAAT MELAKUKAN PERAWATAN, BERAPA LAMA WAKTU YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHILANGKANNYA?

“Ya tergantung dari jenis dark spots yang dialami," ujarnya. "Pada keratosis seboroik biasanya bisa langsung memudar setelah dilakukan tindakan (seperti laser OC/Kauter). Namun, pada lentigo atau melasma atau freckles perlu waktu lebih lama. Biasanya beberapa bulan ke depan baru bisa hilang,” jelasnya

HALAMAN
12