Bibir Pecah-pecah Saat Berpuasa? Begini Cara Mencegahnya

Bibir Pecah-pecah Saat Berpuasa? Begini Cara Mencegahnya
shutterstock

Simak tips dari Woop agar bibir kamu tidak kering dan pecah-pecah saat berpuasa.

Bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa adalah hal yang wajar karena tidak ada asupan makan dan minumannya. Selain membuat lipstik sulit menempel dengan baik, kondisi ini akan membuatmu tidak bisa menahan diri untuk mengelupas kulit bibir yang kering. Hal ini akan membuat bibir menjadi perih bahkan bisa sampai berdarah.

Menurut seorang dokter di Amerika Serikat Andrew Weil, MD., “Untuk mencegah bibir pecah-pecah, kamu harus menghindari berbagai penyebabnya. Cuaca dingin, paparan sinar matahari, angin, dehidrasi, hingga bernapas melalui mulut menjadi penyebab yang paling umum dan utama.” 

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Simak tips dari Woop berikut ini.

1. Jangan suka menjilat bibir

img

Kamu memiliki kebiasaan menjilat bibir? Sebaiknya hilangkan kebiasaan itu mulai sekarang. Karena air liur bisa menghilangkan minyak alami pada bibir. Oleh karena itu, kebiasaan membasahi bibir justru akan membuat bibir kamu kering dan pecah-pecah.

2. Gunakan lip balm

img

Salah satu cara mencegah bibir pecah-pecah adalah dengan cara rajin mengoleskan pelembab bibir seperti lip balm, petroleum jelly, atau minyak zaitum. Gunakan secara rutin sebelum beranjak tidur atau kapan pun saat bibirmu terasa kering.

3. Scrub bibir

img

Eksfoliasi menjadi proses penting untuk bibir pecah-pecah. Cukup gunakan butiran gula yang dicampur dengan madu kemudian gosok secara perlahan pada bibirmu agar sel kulit mati terangkat.

4. Minum air putih

img

Mengingat dehidrasi menjadi salah satu pemicu kekeringan pada bibir dan juga kulit, kamu perlu minum cukup air untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, bibir tetap terlihat sehat, tidak kering dan pecah-pecah.

Selanjutnya: Sering anyang-anyangan saat puasa? Hati-hati perempuan rentan terkena ISK. Baca selengkapnya di sini.