Bisakah Menghidrasi Kulit Tanpa Moisturizer?

Bisakah Menghidrasi Kulit Tanpa Moisturizer?
ISTOCK

Kulit memang benar-benar membutuhkan perawatan setiap harinya. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit yang cerah dan lembap. Salah satunya adalah dengan menghidrasinya. Itulah sebabnya, mengapa banyak perempuan melakukannya. Menghidrasi kulit sama pentingnya dengan menghidrasi tubuh, dimana kita harus mempertahankan tingkat air dan memastikannya agar tetap lembap dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Biasanya, langkah awal yang kita lakukan adalah memberikan moisturizer. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kelembapan. 

daihatsu banner

Menurut seorang dermatolog, dr. Ruri D. Pamela, sp.KK., dari Departemen Kulit RS Suyoto, Jakarta, secara normal tubuh manusia memiliki 'pelembap' alami. Tapi.. "karena usia, paparan lingkungan, kebiasaan yang tidak sehat menyebabkan pelembap alami ini semakin berkurang. Karena itu seiring bertambahnya usia perlu juga menambahkan pelembab dari luar yang baik dan memiliki fungsi untuk melembapkan kulit." 

Ah, ternyata kulit kita memang bisa lembap tanpa produk apapun. Biasanya, langkah awal yang kita lakukan adalah memberikan moisturizer. Tujuannya adalah untuk mempertahankan kelembapan. Namun, bisakah menghidrasi kulit tanpa moisturizer?

"Kalau jarang pakai moisturizer, maka tanda penuaan akan lebih cepat dan jelas timbulnya. Karena itu tetaplah memakai pelembap dan menjadi kewajiban," sarannya. 

Oke. Tentunya, kulit tidak hanya membutuhkan moisturizer atau produk perawatan kulit lainnya. Pola makan yang baik dan seimbang, ditambah dengan tidaknya kekurangan cairan dalam tubuh menjadi salah satu hal yang penting juga untuk kulit. 

Ruri menjelaskan juga, bahwa produk pelembap yang terdiri dari tiga tipe sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang cerah. "Pelembap yang mengandung oklusif (melembapkan dengan cara menutupi lapisan kulit) yang bisa kamu dapatkan pada minyak zaitun, petroleum. Kedua, pelembap yang mengandung humektan (melembapkan dengan cara menarik air dari lingkungan sekitar, misalnya yang mengandung gliserin dan lanolin. Terakhir, yang mengandung molien (melembapkan dan menghaluskan kulit dengan cara mengisi celah-celah atau crack pada kulit). Hampir semua pelembap yang beredar di pasaran umumnya mengandung emolien," jelasnya. 

Selanjutnya: kamu harus mengetahui tentang lima mitos kecantikan yang salah kaprah. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com