Bukan Pagi Hari, Inilah Waktu Terbaik Menggunakan Deodorant

Bukan Pagi Hari, Inilah Waktu Terbaik Menggunakan Deodorant
SHUTTERSTOCK

Jadi kapan waktu terbaik menggunakan deodorant? Berikut jawaban sang ahli.

Memiliki aktivitas yang super padat membuat kita sering berkeringat. Benar? Terkadang, hal ini menyebabkan tubuh kita berbau tidak sedap. Biasanya untuk menghilangkan bau badan, kita akan menggunakan deodorant setelah mandi atau sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Bagi banyak orang—khususnya yang memiliki keringat berlebih—menggunakan deodorant menjadi hal wajib yang harus dilakukan untuk mencegah bau badan dan membuat kita percaya diri.

Namun ternyata kebiasaan kita menggunakan deodorant di pagi hari—sehabis mandi—bukanlah waktu yang tepat. Ha? Jadi kapan waktu terbaik menggunakannya?

“Waktu yang tepat menggunakan deodorant yaitu di malam hari,” ujar seorang dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Melyawati Hermawan, Sp. KK., yang ditemui Woop pada acara ‘Media Gathering Dove Sensitive Deodorant’ di Courtyard Café, The Hermitage Menteng.

Kok bisa? Kita ketahui daridulu, waktu yang tepat menggunakan deodorant adalah setelah mandi—sebelum melakukan aktivitas ke luar.

“Pada malam hari kelenjar keringat cenderung lebih minim karena aktivitas yang dilakukan lebih sedikit daripada di waktu pagi atau siang. Nah, deodorant ini sebetulnya menargetkan kelenjar minyak, bukan kulit ketiak. Sehingga ketika keringat yang keluar minim, deodorant akan lebih mudah masuk dan bekerja dengan sempurna di tempat targetnya. Kemudian, deodorant bisa membuat semacam dinding pelindung agar keringat tidak keluar ke permukaan kulit,” ungkapnya.

Dok. Acara 'Media Gathering Dove Sensitive Deodorant'
Dok. Acara 'Media Gathering Dove Sensitive Deodorant'

Baca: 6 Solusi Alami Atasi Ketiak Hitam

Dokter Melyawati kembali mengungkapkan, “Tentunya, kita tidak perlu khawatir pada keesokan harinya (meski sudah mandi dan membersihkan ketiak) karena produksi kelenjar keringat tidak bisa sampai ke permukaan—sudah ada deodorant yang menutup.”

Ah, syukurlah! Kita tidak perlu takut orang-orang akan menyingkir karena bau badan kita.

Namun, adakah aturan dalam menggunakan deodorant, Dok?

“Sebaiknya, deodorant diaplikasikan pada kulit yang benar-benar kering. Sementara itu, jika dipakai pada malam hari, di pagi harinya kita harus tetap membersihkan residu deodorant di ketiak dengan air dan sabun,” sarannya.