Jangan Sampai Salah, ini Cara Menggosok Gigi dengan Benar!

Jangan Sampai Salah, ini Cara Menggosok Gigi dengan Benar!
Cara Menggosok Gigi dengan Benar

Hampir semua orang berpikir kalau mereka tahu cara menggosok gigi yang benar, namun kenyataannya tidak. Berikut cara gosok gigi yang benar!

Menggosok gigi memang sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk menjaga kesehatan gigi, mulut dan gusi. Biasanya aktivitas ini dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur. Tapi ternyata kalau menggosok gigi secara teratur itu belum tentu efektif sebagai cara merawat gigi jika cara dan tekniknya kurang tepat.

Sudah menggosok gigi dua kali sehari dengan teratur, tapi masalah gigi, mulut dan gusi masih sering terjadi? Mungkin cara kamu menggosok gigi masih belum tepat. Berikut Woop rangkum cara menggosok gigi dengar benar!

Cara Menggosok Gigi dengan Benar

1. Membentuk sudut 45 derajat

Membentuk sudut 45 derajat
Membentuk sudut 45 derajat

Mulailah menggosok gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut, sebelumnya letakan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan membentuk sudut 45 derajat. Gosok gigimu dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik di setiap bagian. 

2. Gosok setiap bagian gigi

Gosok setiap bagian gigi
Gosok setiap bagian gigi

Gosoklah gigi kamu mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan lidah. Jangan lupa pastikan semua permukaan gigi sudah digosok, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang dan bersih.

3. Pegang gosok gigi dengan posisi vertikal

Pegang gosok gigi dengan posisi vertikal
Pegang gosok gigi dengan posisi vertikal

Dalam membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau lurus gunakan ujung kepala sikat gigi. Selanjutnya, gosok dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi secara perlahan.

Baca juga: Amankah Menggunakan Satu Sikat Gigi Bersama Pasangan?

4. Durasi untuk menggosok gigi 2-3 menit

Jika menggosok gigi dimulai dari bagian geraham atas, maka gosokan akhir pada gigi geraham bawah. Durasi waktu untuk menggosok gigi seluruh bagian sekitar 2-3 menit dan baru setelah itu kumur-kumur hingga gigi bersih. 

5. Jangan menggosok gigi terlalu kencang

Jangan menggosok gigi terlalu kencang atau terlalu memberi tekanan, karena ini akan membuat luka gigi dan gusi. Terlalu keras menggodok gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik, malah justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif bahkan bisa membuat gusi berdarah.

6. Menggosok gigi dengan gerakan lurus

Gosoklah gigi dengan gerakan lurus dan jangan dengan gerakan melingkar, karena hal itu bukan cara yang efektif dalam membersihkan gigi. Menggosok gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama menjauhi kerusakan permanen pada gusi.

7. Ubah pola menggosok gigi jika perlu

Ubah pola menggosok gigi jika perlu
Ubah pola menggosok gigi jika perlu

Jangan lupa ubah pola menggosok gigi jika diperlukan. Karena terkadang, menggosok gigi dengan cara yang sama membuat bagian gigi yang lain terabaikan.

The more you know, jarang orang tahu dan lakukan menggosok lidah terlebih dahulu sebelum menggosok gigi. Padahal, membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Jadi jangan lupa untuk menggosok lidah terlebih dahulu ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: Tubuh yang tinggi selalu jadi idaman banyak orang. Berikut rekomendasi susu yang tinggi kalsium untuk menambah tinggi badan!  

Loading Facebook Comment ...