Banner

Cara Mudah Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Sering Kambuh

Cara Mudah Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Sering Kambuh
SHUTTERSTOCK

Sering mengalami sakit maag? Woop punya tips untuk mengatasinya agar maag mu tidak sering kambuh.

Kamu memiliki penyakit maag yang selalu datang tiba-tiba? Selain membuat perut tidak nyaman, maag juga bisa menyebabkan nyeri dada, sakit tenggorokan bahkan hingga bau mulut. Sayangnya, maag tidak dapat disembuhkan. Namun kamu bisa mencegah dan ada banyak cara mengatasi maag yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Apa saja? Simak tips dari Woop berikut ini.

Batasi konsumsi minuman yang mengandung gula dan karbohidrat

ISTOCK
ISTOCK

Makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat dan gula bisa menjadi penyebab utama sakit maag. Karbohidrat dapat difermentasi di perut dan menciptakan gas, sehingga meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan kembung, gas, bau mulut dan gangguan pencernaan. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung gula dan karbohidrat juga bisa membuat masalah pencernaan lainnya di dalam usus yang lebih parah.

Konsumsi protein

iSTOCK
iSTOCK

Protein memiliki lebih banyak gizi yang akan menurunkan keinginanmu untuk makan makanan bergula dan karbohidrat. Protein berkontribusi untuk membantu pencernaan. Asam klorida mengaktifkan enzim yang membantu pencernaan protein, seperti pepsin. Dengan mengonsumsi lebih banyak protein, kelebihan asam lambung dalam perut dapat kamu gunakan untuk mencerna protein, bukan naik ke kerongkonganmu.

Makan dengan porsi sedikit

iStock
iStock

Usahakan selalu makan tepat waktu dengan porsi yang lebih kecil agar kamu bisa makan lebih sering. Pastikan juga kamu mengunyah makanan secara perlahan. Cara ini cukup ampuh, karena dengan begitu kamu bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut kelamaan tidak terisi makanan.

Baca: Hindari 7 Makanan Penyebab Maag Saat Puasa

Jangan langsung tidur setelah makan

ISTOCK
ISTOCK

Banyak orang yang tidak sadar dan sering melakukan hal ini. Sebaiknya tunggu 30 menit setelah makan jika kamu ingin berbaring. Pasalnya, langsung berbaring setelah makan bisa membuat asam lambungmu naik ke tenggorokan. Hal ini akan membuat maag mu kumat.

Mengunyah permen karet

5 Cara Menyamarkan Double Chin--Cukup Kunyah Permen Karet - 1
5 Cara Menyamarkan Double Chin--Cukup Kunyah Permen Karet - 1

Maag kambuh disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung. Salah satu solusinya adalah menetralkan kadar asam lambung dengan mengunyah permen karet. Hal ini dapat mengurangi kadar asam lambung karena produksi air liur mengalami peningkatan.

Konsumsi obat maag

Minum 2 Liter Air per Hari Demi Kulit Sehat Itu Mitos! Ini Faktanya - 0
Minum 2 Liter Air per Hari Demi Kulit Sehat Itu Mitos! Ini Faktanya - 0

Tindakan pertama yang harus kamu lakukan saat maag menyerang adalah minum obat maag. Pilihan obat maag yang bisa kamu konsumsi pun beragam. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter, dan biasakan minum obat maag sebelum makan. Cermati juga ketentuan dosisnya sesuai yang tertera pada kemasan obat.

Selanjutnya: Pecinta boba? Sebaiknya kamu berhati-hati, karena ternyata minuman ini berbahaya lho. Cari tahu selengkapnya di sini.