Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit, Simak Caranya Di Sini!

Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit, Simak Caranya Di Sini!
Diet Terpopuler di Dunia

Simak tips-tips yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengecilkan perut yang buncit dan juga mendapatkan badan yang ideal.

WOOP.ID - Memiliki perut rata dan tidak buncit merupakan idaman bagi semua orang tidak hanya wanita namun juga pria. Perut buncit disebabkan karena penumpukan lemak di perut. Hal ini yang menjadikan salah satu tanda seseorang mengalami kelebihan berat, bahkan obesitas. Perut buncit merupakan keadaan lingkar perut yang melebihi 102 cm pada pria dan 88 cm pada wanita. 

Memiliki perut yang buncit tentunya akan merasa sangat terganggu. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, perut buncit juga menyulitkan Kamu dalam beraktifitas dan meningkatnya risiko terserang berbagai penyakit. 

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak subkutan (berada di bawah kulit) dan lemak viseral (dalam rongga perut). Kemunculan perut buncit ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya lemak viseral di dalam dan sekitar rongga perut.

Menerapkan pola hidup sehat dan teratur dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari makanan penyebab perut buncit penting untuk dilakukan. Selain itu, menerapkan kebiasaan sehari-hari yang sehat juga dapat dilakukan untuk mengecilkan perut. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Untuk meminimalkan berbagai resiko terserangnya berbagai penyakit, berikut ini adalah berbagai cara mengecilkan perut buncit yang bisa Kamu lakukan.

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan sehat berserat tinggi untuk perut buncit
Makanan sehat berserat tinggi untuk perut buncit

Dimuat dalam buku DietClopedia : 110 Rahasia Diet Sehat, makanan berserat tinggi dapat membantu mengecilkan perut buncit karena membantu tubuh agar kenyang lebih lama. Serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan. Beberapa contoh makanan yang berserat tinggi adalah kubis, kacang polong, alpukat, dan beri hitam. Peningkatan asupan serat merupakan langkah penting untuk mengecilkan perut buncit.

2. Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak dan Gula

Hindari makanan manis dan berlemak
Hindari makanan manis dan berlemak

Lemak perut keberadaannya sering dikaitkan dengan konsumsi lemak jenuh dan gula yang berlebih. Lemak jenuh biasa ditemukan pada daging sapi, mentega, dan produk susu.

Untuk mencegah terbentuknya timbunan lemak di perut, sebaiknya utamakan konsumsi lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan. Batasi pula asupan kalori secara umum, karena kebiasaan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dapat membuat perut kamu buncit. 

2. Olahraga Kardio

Luangkan sedikit waktu untuk kardio
Luangkan sedikit waktu untuk kardio

Latihan kardiovaskular atau aerobik merupakan cara terbaik bagi seseorang untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain mencukupi kebutuhan serat, kamu juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga kardio. Jika dilakukan secara rutin, olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut.

Disarankan untuk melakukannya selama 300 menit dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain, seperti latihan dengan beban, guna mempercepat pembakaran lemak perut.

4. Jalan Selama 30 Menit Setiap Hari

olahraga dengan cara berjalan kaki
olahraga dengan cara berjalan kaki

Kombinasi diet dan olahraga merupakan cara paling efektif untuk mengecilkan perut buncit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Penelitian menunjukan bahwa berolahraga berat tidak perlu dilakukan, cukup berjalan selama 30 menit setiap harinya. 

Dilansir dalam Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry, jalan cepat yang teratur telah terbukti efektif mengurangi total lemak tubuh dan lemak yang terletak di sekitar bagian tengah tubuh.

5. Istirahat yang Cukup

Jangan Telat Tidur
Jangan Telat Tidur

Menurut penelitian, waktu dan kualitas tidur turut berpengaruh pada meningkatnya jumlah jaringan lemak di perut. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa orang yang kurang tidur atau justru tidur terlalu lama memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan lemak dan berat badan.

Maka dari itu, cukupi kebutuhan istirahat tidur kamu selama 7 jam per hari dan usahakan untuk konsisten menjaga waktu tidur Kamu. Hal tersebut tentu dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di tubuh, terutama di daerah perut yang buncit.

6. Turunkan Tingkat Stress

ISTOCK
ISTOCK

Stres juga sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut. Saat Kamu merasa stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan.

Pelepasan hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut. Untuk menurunkan tingkat stress, Kamu juga disarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin.

7. Hindari Minuman Manis

Kurangi minuman manis untuk mengurangi perut buncit
Kurangi minuman manis untuk mengurangi perut buncit

Soda, jus buah, dan minuman energi pada umumnya mengandung banyak gula dan kalori cair sehingga mudah untuk meminumnya dalam jumlah besar sekaligus dan memberi kesan kenyang padahal hanya membuat tubuh menjadi kembung.

Dilansir dalam Journal of American Dietetic Association, minuman manis yang memiliki kalori cair tidak diproses dengan baik seperti kalori padat. Oleh karen itu, kamu pada akhirnya akan mengkonsumsi lebih banyak kalori cair sehingga dapat membuat perut berlemak. Minuman manis ini juga sarat dengan fruktosa yang dapat menimbun lemak pada perut. 

8. Minum Air Lemon

ISTOCK
ISTOCK

Meminum air lemon dapat membantu mengecilkan perut buncit. Dicatat dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Healthline bahwa antioksidan polifenol dalam lemon dapat mengimbangi efek negatif dari kadar glukosa darah yang tinggi serta membantu mengurangi resistensi insulin.

Polifenol ini juga dapat ditemukan dalam jeruk nipis, sehingga bisa menjadi pengganti yang bagus untuk lemon jika kamu lebih suka rasa jeruk yang lebih lembut.

9. Rutin Minum Air Putih

Cara Memutihkan Kulit Leher - Perbanyak minum air putih
 Perbanyak minum air putih

Ada beberapa bukti tentang minum air putih yang dapat mengecilkan perut buncit. Pertama, air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Faktanya, dilansir dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, minum air putih dapat meningkatkan total pengeluaran energi Kamu hingga 100 kalori per hari.

Kedua, dalam sebuah studi Journal of American Dietetic Association menyatakan bahwa minum air putih sebelum makan dapat membuat Kamu merasa lebih kenyang, sehingga pada akhirnya kamu akan makan lebih sedikit kalori.

Ketiga, minum air putih dapat membantu meringankan sembelit dan mengurangi perut kembung seperti yang dilansir pada European Journal of Clinical Nutrition. Rutin minum air putih membawa banyak manfaat pada tubuh, termasuk mengecilkan perut buncit.

10. Berpuasa

Jelang Puasa, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Agar Tubuh Tidak 'Kaget' - 2

Berpuasa juga dianggap menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengecilkan perut buncit. Dilansir pada buku Dietclopedia : 110 Rahasia Diet Sehat, rekomendasi puasa yang dianjurkan adalah dengan makan dalam delapan jam lalu berpuasa selama 16 jam berikutnya. Jika dilakukan selama dua sampai enam bulan, cara puasa ini mampu menghilangkan 7% lemak di perut kamu.

Dengan memperbaiki pola hidup dan menerapkan hal-hal di atas, kamu dapat mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat.

Apabila kamu masih sulit mencapai berat badan ideal meski sudah mencoba berbagai macam jenis diet dan menerapkan cara mengecilkan perut buncit di atas, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran dan cara mengecilkan perut buncit sesuai kondisi kamu. 

Semoga tips ini bermanfaat ya! 

Baca: Hasil Studi: Diet dengan Berpuasa Bisa Memperpanjang Usia

Baca: Ternyata 7 Jenis Makanan Ini yang Bikin Perut Kamu Buncit!

Baca: 4 Khasiat dan Manfaat Sayuran Bagi Tubuh dan Kesehatan

Baca: Ampuh Turunkan Berat Bedan, ini 7 Diet Terpopuler di Dunia