Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit, Simak Caranya Di Sini!

Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit, Simak Caranya Di Sini!
Diet Terpopuler di Dunia

Simak tips-tips yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengecilkan perut yang buncit dan juga mendapatkan badan yang ideal.

WOOP.ID - Memiliki perut rata dan tidak buncit merupakan idaman bagi semua orang tidak hanya wanita namun juga pria. Perut buncit disebabkan karena penumpukan lemak di perut. Hal ini yang menjadikan salah satu tanda seseorang mengalami kelebihan berat, bahkan obesitas. Perut buncit merupakan keadaan lingkar perut yang melebihi 102 cm pada pria dan 88 cm pada wanita. 

Memiliki perut yang buncit tentunya akan merasa sangat terganggu. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, perut buncit juga menyulitkan Kamu dalam beraktifitas dan meningkatnya risiko terserang berbagai penyakit. 

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak subkutan (berada di bawah kulit) dan lemak viseral (dalam rongga perut). Kemunculan perut buncit ini biasanya disebabkan oleh menumpuknya lemak viseral di dalam dan sekitar rongga perut.

Menerapkan pola hidup sehat dan teratur dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari makanan penyebab perut buncit penting untuk dilakukan. Selain itu, menerapkan kebiasaan sehari-hari yang sehat juga dapat dilakukan untuk mengecilkan perut. 

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Untuk meminimalkan berbagai resiko terserangnya berbagai penyakit, berikut ini adalah berbagai cara mengecilkan perut buncit yang bisa Kamu lakukan.

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan sehat berserat tinggi untuk perut buncit
Makanan sehat berserat tinggi untuk perut buncit

Dimuat dalam buku DietClopedia : 110 Rahasia Diet Sehat, makanan berserat tinggi dapat membantu mengecilkan perut buncit karena membantu tubuh agar kenyang lebih lama. Serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan. Beberapa contoh makanan yang berserat tinggi adalah kubis, kacang polong, alpukat, dan beri hitam. Peningkatan asupan serat merupakan langkah penting untuk mengecilkan perut buncit.

2. Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak dan Gula

Hindari makanan manis dan berlemak
Hindari makanan manis dan berlemak

Lemak perut keberadaannya sering dikaitkan dengan konsumsi lemak jenuh dan gula yang berlebih. Lemak jenuh biasa ditemukan pada daging sapi, mentega, dan produk susu.

Untuk mencegah terbentuknya timbunan lemak di perut, sebaiknya utamakan konsumsi lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan. Batasi pula asupan kalori secara umum, karena kebiasaan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dapat membuat perut kamu buncit. 

2. Olahraga Kardio

Luangkan sedikit waktu untuk kardio
Luangkan sedikit waktu untuk kardio

Latihan kardiovaskular atau aerobik merupakan cara terbaik bagi seseorang untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain mencukupi kebutuhan serat, kamu juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga kardio. Jika dilakukan secara rutin, olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut.

Disarankan untuk melakukannya selama 300 menit dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain, seperti latihan dengan beban, guna mempercepat pembakaran lemak perut.

4. Jalan Selama 30 Menit Setiap Hari

olahraga dengan cara berjalan kaki
olahraga dengan cara berjalan kaki

Kombinasi diet dan olahraga merupakan cara paling efektif untuk mengecilkan perut buncit dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Penelitian menunjukan bahwa berolahraga berat tidak perlu dilakukan, cukup berjalan selama 30 menit setiap harinya.