Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Membersihkan Wajah dengan Tepat

Cara Sederhana Ini Akan Membantumu Membersihkan Wajah dengan Tepat
ISTOCK

Status masalah: terpecahkan.

Mencari pembersih dan produk perawatan wajah susah dan gampang. Gampang karena banyak pilihannya dari yang super murah sampai yang mega mahal; susah karena jika salah memilih wajahmu jadi korban sementara mesin waktu belum ditemukan untuk kembali ke periode "sebelum memakai pembersih muka X". Sama sekali tidak membuat wajahmu sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk meminimalisir kerugian (fisik dan mental), salah satu cara untuk menemukan pembersih wajah yang tepat—dan akhirnya wajahmu bersih dengan benar dan maksimal—adalah menyesuaikannya dengan jenis kulitmu. 

KULIT SENSITIF

Sangat bisa dimengerti jika kamu ngeri untuk mencoba hal baru karena tidak ingin jerawatan, misalnya. Namun, sepertinya hidupmu akan aman jika memakai produk-produk yang menenangkan seperti yang mengandung chamomile atau ekstrak calendula. Keduanya akan membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit.

KULIT KERING 

Pemilik kulit ini sebaiknya menghindari produk apapun yang bisa mengupas kulit dan menyebabkannya lebih kering. Ini artinya produk yang mengandung alkohol dan berbentuk sabun harus dihindari; teman baikmu: krim dan minyak pembersih yang menghidrasi, seperti produk yang mengandung makadamia dan hyaluronic acid. Lalu selalu akhiri dengan serum dan pelembab dengan SPF.

KULIT KOMBINASI

Bagian dagu berminyak dan berjerawat, sementara dahi kering (dan sebaliknya)? Jika ini kondisi kulitmu, artinya kamu membutuhkan pembersih lembut yang menawarkan keseimbangan. Misalnya, produk yang berbahan dasar air dan mengandung microbeads mungil untuk mengeksfoliasi dan membersihkan pori-pori. 

KULIT BERMINYAK

Pemilik kulit ini memang memiliki kebutuhan spesifik, salah memilih produk.... (silakan isi sendiri). Pembersih yang harus dicari adalah yang mampu mengontrol kelenjar-kelenjar minyak (sebaceous) tapi tidak menyumbat pori-pori. Susah, ya? Yeeep. Saran: coba cari produk yang mengandung sodium benzoate dan salicylic acid yang akan meringankan hidupmu—menyerap minyak, mengurangi kilap, dan mengencangkan pori-pori. Setelah dibersihkan, gunakan toner beberapa kali dalam seminggu dan pastikan pelembab yang kamu gunakan bebas minyak.